Pengembangan Media Poster Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an Pada Materi Tata Surya Di SMP/MTs

Marzuki, 190204058 (2023) Pengembangan Media Poster Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an Pada Materi Tata Surya Di SMP/MTs. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Media Poster Terintegrasi  Ayat-Ayat Al-Qur’an Pada Materi Tata Surya  Di SMP/MTs] Text (Pengembangan Media Poster Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an Pada Materi Tata Surya Di SMP/MTs)
Marzuki, 190204058, FTK, PFS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain media poster terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an pada materi tata surya dan untuk mengetahui kelayakan media poster terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an pada materi tata surya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Model 4D memiliki beberapa tahapan yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap terakhir yaitu tahap menguji coba (disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi ahli yang terdiri dari tiga ahli yaitu ahli materi pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan ahli tafsir Al-Qur’an. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah media poster terintegrasi ayat-ayat al-qur’an pada materi tata surya. Hasil validasi ahli materi dengan aspek kelayakan isi 92,5%, aspek kelayakan penyajian 96,87% dan aspek komponen kebahasaan 90,33%, dengan jumlah rata-rata seluruh skor diperoleh hasil persentase sebesar 93,33%. Validasi ahli media dengan aspek kelayakan desain 100%, aspek kualitas isi dan tujuan 88,75%, aspek kualitas intruksional 93,75%, dan aspek teknik 100%, dengan jumlah rata-rata seluruh skor diperoleh hasil persentase 95,62%. Selanjutnya validasi ahli tafsir Al-Qur’an kesesuani materi dengan tafsir mendapat jumlah rata-rata seluruh skor diperoleh hasil persentase 95,31%. Dapat disimpulkan bahwa media poster terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an pada materi tata surya di SMP/MTs sudah dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Marzuki Marzuki
Date Deposited: 07 Sep 2023 02:53
Last Modified: 07 Sep 2023 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32008

Actions (login required)

View Item
View Item