Upaya Guru PAI Dalam Membina Akhlak Peserta Didik Bermasalah Di SMP Negeri 4 Takengon

Qarnin Atika Hasya, 180201016 (2023) Upaya Guru PAI Dalam Membina Akhlak Peserta Didik Bermasalah Di SMP Negeri 4 Takengon. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Upaya Guru PAI Dalam Membina Akhlak Peserta Didik Bermasalah Di SMP Negeri 4 Takengon] Text (Upaya Guru PAI Dalam Membina Akhlak Peserta Didik Bermasalah Di SMP Negeri 4 Takengon)
Qarnin Atika Hasya, 180201016, FTK, PAI, 082350228416.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Pada dasarnya guru PAI di SMP Negeri 4 Takengon telah melaksanakan berbagai upaya dalam pembinaan akhlak. Dengan pembinaan tersebut diharapkan peserta didik mempunyai akhlak yang baik sesuai yang diharapkan, namun realitanya masih ditemukan peserta didik yang belum melaksanakan akhlakul karimah dengan baik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak peserta didik di SMP Negeri 4 Takengon dan untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak peserta didik di SMP Negeri 4 Takengon. Adapun rumusan masalah dalam penulisan ini adalah 1. Bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak peserta didik di SMP Negeri 4 Takengon, 2. Apa saja kendala yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak peserta didik di SMP Negeri 4 Takengon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kombinasi kualitatif dan kuantitatif atau sering disebut mixed method dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa: 1. Upaya guru PAI dalam membina akhlak peserta didik adalah dengan menggunakan 4 cara yaitu, pendekatan, nasihat, pembiasaan dan pembinaan akhlak menggunakan metode kisah nabi dan qur’ani. 2. Faktor penghambat guru PAI dalam membina akhlak peserta didik adalah faktor internal dan faktor eksternal, faktor internal adalah disebabkan oleh keluarga yang broken home. Adapun faktor eksternal adalah dipengaruhi oleh salah pergaulan dan lingkungan yang tidak kondusif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Qarnin Atika Hasya
Date Deposited: 07 Sep 2023 02:17
Last Modified: 07 Sep 2023 02:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32009

Actions (login required)

View Item
View Item