Pembinaan Akhlak Peserta Didik Di SMP Negeri 2 Mesjid Raya Aceh Besar

Maulani Rahmani, 180201026 (2023) Pembinaan Akhlak Peserta Didik Di SMP Negeri 2 Mesjid Raya Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pembinaan Akhlak Peserta Didik Di SMP Negeri 2 Mesjid Raya Aceh Besar] Text (Pembinaan Akhlak Peserta Didik Di SMP Negeri 2 Mesjid Raya Aceh Besar)
Maulani Rahmani, 180201026, FTK, PAI, 085314559401.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

SMP Negeri 2 Mesjid Raya merupakan lembaga yang memiliki visi cerdas berkualitas dan berkepribadian Islami. Pembinaan akhlak sudah dilaksanakan dengan baik di sekolah. Namun realitanya masih ditemukan peserta didik yang belum melaksanakan akhlakul karimah dengan baik seperti yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana bentuk pembinaan akhlak yang diterapkan di SMP Negeri 2 Mesjid Raya Aceh Besar serta bagaimana upaya guru PAI terhadap hambatan dalam pembinaan akhlak peserta didik. Rumusan masalah adalah 1) Bagaimana bentuk pembinaan akhlak peserta didik di SMP Negeri 2 Mesjid Raya Aceh Besar. 2) Apa saja hambatan yang dihadapi guru PAI dalam pembinaan akhlak peserta didik di SMP Negeri 2 Mesjid Raya Aceh Besar. 3) Bagaimana upaya yang dilakukan guru PAI dalam menghadapi hambatan pembinaan akhlak peserta didik di SMP Negeri 2 Mesjid Raya Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode Mixed Method. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk pembinaan akhlak yang diterapkan yaitu keteladanan, pembiasaan yang baik, nasihat, hukuman dan hadiah, perintah dan larangan, serta kisah/hiwar nabawi dan qur’ani 2) Hambatan yang dihadapi guru PAI, yaitu latar belakang peserta didik yang berbeda-beda, kurangnya perhatian orang tua, sekolah yang terasa membosankan, pergaulan yang tidak sehat, lingkungan yang tidak kondusif dan peserta didik yang kurang inisiatif menjadi lebih baik. 3) Upaya yang dilakukan guru, yaitu dengan cara menanamkan rasa memiliki dan kenyamanan di sekolah, guru berperan sebagai orang tua dan teman serta berupaya memberikan kasih sayang dan perhatian kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulani Rahmani
Date Deposited: 07 Sep 2023 02:28
Last Modified: 07 Sep 2023 02:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32010

Actions (login required)

View Item
View Item