Nora Zahrah, 180201010 (2023) Aktualisasi Soft Skill Siswa MTsN 1 Aceh Tengah Melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Aktualisasi Soft Skill Siswa MTsN 1 Aceh Tengah Melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS)]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nora Zahrah, 180201010, FTK, PAI, 082273876444.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Setiap individu pasti memiliki potensi dalam dirinya, untuk meningkatkan potensi tersebut perlu adanya pengembangan soft skill. MTsN 1 Aceh Tengah merupakan salah satu Madrasah yang mampu membentuk siswa unggul melalui program GLS dengan tujuan untuk meningkatkan soft skill yang dimiliki oleh setiap siswa sehingga dapat menjadi peserta didik yang unggul dalam segala hal. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di MTsN 1 Aceh Tengah, 2. Bagaimana cara peningkatan soft skill siswa MTsN 1 Aceh Tengah dalam mengikuti program Gerakan Literasi Sekolah (GLS), 3. Apa kendala yang dihadapi dalam aktualisasi soft skill siswa melalui program Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Penelitian ini menggunakan mixed method berupa kombinasi metode kualitatif dan kuantitatif dimana bobot metode kualitatif lebih tinggi sedangkan metode kuantitatif sebagai pelengkap dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi, serta teknik perolehan sampel berupa simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 24 siswa. Hasil penelitian ditemukan bahwa: 1. Pelaksanaan program GLS di MTsN 1 Aceh Tengah dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditetapkan yaitu kelas IX pada hari selasa, kelas VIII hari rabu dan kelas VII hari kamis, dilaksanakan pagi hari 15 menit sebelum memasuki kelas. Tahapan pelaksanaan siswa menyiapkan bahan literasi, kemudian membaca dan meresume, hasilnya dituliskan ke dalam buku jurnal literasi, di akhir peserta didik mempresentasikan hasil bacaan dihadapan temannya sesuai jadwal yang telah ditentukan. 2. Peningkatan soft skill siswa di MTsN 1 Aceh Tengah melalui program GLS mencapai sebanyak 75%. Hal ini ditunjukkan dengan program ini mampu mengembangkan potensi peningkatan soft skill siswa dalam aktualisasi berkomunikasi, kerjasama tim, percaya diri serta aktualisasi keterampilan kepemimpinan melalui rangkaian yang telah dilakukan. 3. Kendala yang dihadapi yaitu kurangnya referensi bacaan dan rendahnya minat baca siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nora Zahrah |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 02:17 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 02:17 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32011 |