Pengaruh Pengajian Tastafi Terhadap Kehidupan Sosial Keagamaan Masyarakat Aceh (Studi Tanggapan Masyarakat di Kawasan Kota Madya Banda Aceh, Pidie dan AcehUtara)

Muhammad Arifin, 2015107401 (2023) Pengaruh Pengajian Tastafi Terhadap Kehidupan Sosial Keagamaan Masyarakat Aceh (Studi Tanggapan Masyarakat di Kawasan Kota Madya Banda Aceh, Pidie dan AcehUtara). In: Pengaruh Pengajian Tastafi Terhadap Kehidupan Sosial Keagamaan Masyarakat Aceh (Studi Tanggapan Masyarakat di Kawasan Kota Madya Banda Aceh, Pidie dan AcehUtara). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Pengajian Tastafi Terhadap Kehidupan Sosial Keagamaan Masyarakat Aceh (Studi Tanggapan Masyarakat di Kawasan Kota Madya Banda Aceh, Pidie dan AcehUtara)] Text (Pengaruh Pengajian Tastafi Terhadap Kehidupan Sosial Keagamaan Masyarakat Aceh (Studi Tanggapan Masyarakat di Kawasan Kota Madya Banda Aceh, Pidie dan AcehUtara))
LP_PDI_2020-Muhammad Arifin.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Sebagai bangsa yang religius, Indonesia menempatkan agama sebagai landasan moral, spiritual dan etika dalam pembangunan. Majelis taklim sebagai lembaga pendidikan nonformal Islam yang mempunyai kedudukan tersendiri di tengah-tengah masyarakat. Hal ini karena majelis taklim merupakan wadah untuk membina dan mengembangkan kehidupan beragama dalam rangka membentuk masyarakat yang bertakwa kepada Allah swt. Di Aceh, salah satu majelis taklim yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat yaitu Pengajian dan Zikir Tastafi (Tauhid Tasawuf dan Fikih). Peneilitian ini bertujuan untuk meneliti secara konfrehensif pengaruh pengajian Tastafi terhadap kehidupan sosial keagamaan masyarakat dan minat masyarakat dalam mengikuti pengajian di Kota Banda Aceh, Pidie dan Aceh Utara. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan cara mewawancarai tokoh agama dan masyarakat yang aktif dalam pengajian tersebut. Selain itu juga dilakukan pengamatan (observasi) terhadap kelangsungan pengajian tersebut. Hasil penelitian ini mendapatkan bahwa Pengajian Tastafi sangat berpengaruh terhadap kehidupan sosial keagamaan masyarakat. Selain itu juga didapatkan bahwa minat masyarakat dalam mengikuti Pengajian dan Zikir Tastafi sangat tinggi di di Kota Banda Aceh, Kabupaten Pidie dan Kabupaten Aceh Utara.

Item Type: Book Section
Subjects: 200 Religion (Agama)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:53
Last Modified: 07 Nov 2023 08:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32020

Actions (login required)

View Item
View Item