Hubungan Antara Kesepian Dengan Kecenderungan Narsistik Pada Siswa Pengguna Instagram Di SMAN 1 Baitussalam Kabupaten Aceh Besar

Icha Nur Ahyana, 180901127 (2023) Hubungan Antara Kesepian Dengan Kecenderungan Narsistik Pada Siswa Pengguna Instagram Di SMAN 1 Baitussalam Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Hubungan Antara Kesepian Dengan Kecenderungan Narsistik Pada Siswa Pengguna Instagram Di SMAN 1 Baitussalam Kabupaten Aceh Besar] Text (Hubungan Antara Kesepian Dengan Kecenderungan Narsistik Pada Siswa Pengguna Instagram Di SMAN 1 Baitussalam Kabupaten Aceh Besar)
Icha Nur Ahyana, 180901127, PSI, PSI, 082253706549.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Instagram adalah salah satu situs jejaring sosial yang lebih focus pada mengambil dan memposting foto. Hal ini membuat penggunanya merasa harus membagi aspek kehidupan mereka, seperti pikiran, dan perasaan dalam media sosial Instagram. Orang narsis tidak hanya suka memotret diri mereka sendiri dan membagikannya di media sosial, tetapi mereka juga suka membanggakan diri sendiri kepada orang lain. Salah satu faktor yang mempengaruhi narsistik adalah kesepian dimana kesepian merupakan reaksi emosional dan kognitif individu terhadap sebuah kondisi dimana individu tersebut hanya mempunyai sedikit hubungan sosial dan tidak memuaskannya karena tidak sesuai dengan harapannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Antara Kesepian dengan Kecenderungan Narsistik Pada Siswa Pengguna Instagram di SMAN 1 Baitussalam Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan metode korelasional. Jumlah populasi adalah sebanyak 300 siswa aktif di SMAN 1 Baitussalam Kabupaten Aceh Besar, dengan jumlah sampel 161 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode probability sampling dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan ini menunjukkan nilai koefesien korelasi rho (ρ) sebesar -0.389 dengan nilai P = 0.000. hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan positif dan signifikan antara kesepian dengan narsistik pada siswa SMAN 1 Baitussalam Kabupaten Aceh Besar dan hipotesis pada penelitian ini ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kesepian, Narsistik, Siswa
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Icha Nur Ahyana
Date Deposited: 07 Sep 2023 02:59
Last Modified: 07 Sep 2023 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32022

Actions (login required)

View Item
View Item