Zakat Perusahaan pada Industri Kopidi Kabupaten Aceh Tengah (Penelitian terhadap Teknik Distribusi dan Perhitungan)

Ashari, 211008015 (2023) Zakat Perusahaan pada Industri Kopidi Kabupaten Aceh Tengah (Penelitian terhadap Teknik Distribusi dan Perhitungan). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Zakat Perusahaan pada Industri Kopidi Kabupaten Aceh Tengah (Penelitian terhadap Teknik Distribusi dan Perhitungan)] Text (Zakat Perusahaan pada Industri Kopidi Kabupaten Aceh Tengah (Penelitian terhadap Teknik Distribusi dan Perhitungan))
Zakat Perusahaan Kopi 211008015 Upload.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada penerapan zakat perusahaan dalam industri kopi di Kabupaten Aceh Tengah, dengan tujuan untuk mengkaji Teknik Distribusi dan Perhitungan. penelitian ini mengidentifikasi kendala dalam penerapan zakat perusahaan di Aceh, Dalam konteks ini, pendekatan kualitatifdigunakan, melibatkan wawancara mendalam dengan pengusaha industri kopi dan perwakilan Baitul Mal Aceh Tengah.Hasil penelitian menunjukkan bahwa para pengusaha industri kopi memiliki pemahaman tentang kewajiban zakat dari hasil produksi mereka. Upaya dilakukan untuk memenuhi kewajiban zakat dengan menyumbangkan dana kepada mustahik ataupun kepada Baitul Mal Kabupaten Aceh Tengah, yang memiliki peran penting dalam sosialisasi pemahaman dan implementasi zakat sesuai syariah Islam.Penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang tantangan dan potensi zakat perusahaan dalam industri pertanian, khususnya industri kopi di Kabupaten Aceh Tengah. Temuan ini diharapkan dapat mengoptimalkan peran zakat perusahaan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat di wilayah tersebut. Selain itu, penelitian ini juga berkontribusi untuk memperkuat pemahaman tentang pentingnya zakat dalam konteks ekonomi Islam dan bagaimana implementasinya mampu memberikan manfaat sosial dan ekonomi yang lebih luas bagi masyarakat Kabupaten Aceh Tengah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.1 Ibadah > 2X4.14 Zakat
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: Ashari Ashari
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:30
Last Modified: 07 Sep 2023 03:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32024

Actions (login required)

View Item
View Item