Inventarisasi Potensi Anti Meningitis Minyak Atsirijamblang (Syzygium Cumini) Dengan Pendekatan Gc-Ms

Ayu Nirmala Sari, 2027028901 (2023) Inventarisasi Potensi Anti Meningitis Minyak Atsirijamblang (Syzygium Cumini) Dengan Pendekatan Gc-Ms. In: Inventarisasi Potensi Anti Meningitis Minyak Atsirijamblang (Syzygium Cumini) Dengan Pendekatan Gc-Ms. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Inventarisasi Potensi Anti Meningitis Minyak Atsirijamblang (Syzygium Cumini) Dengan Pendekatan Gc-Ms] Text (Inventarisasi Potensi Anti Meningitis Minyak Atsirijamblang (Syzygium Cumini) Dengan Pendekatan Gc-Ms)
LP_PDI_2020-Ayu Nirmala Sari.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Riset mengenai penyakit meningitis merupakan riset yang sangat menarik untuk dilakukan dan dikembangkan untuk menunjukkan kepedulian peneliti terhadap meningitis yang selalu menjadi isu penting dalam pelaksanaan haji dan umroh. Jumlah penderita meningitis akan terus meningkat seiring dengan terus meningkatnya jumlah orang yang beresiko terkena penyakit meningitis dan meningkatnya jumlah jamaah haji dan umroh.. Dalam riset yang diajukan ini akan dilakukan penelitian mengenai peran minyak atsiri jamblang (Syzygium cumini (L) Skeels) sebagai antimeningitis dengan pendekatan GCMS untuk menginventarisir potensi antimeningitis yang ada pada minyak atsiri Jamblang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minyak atsiri jamblang yang dihasilkan sebanyak 12,5 ml/kg. Dari hasil GCMS terhadap senyawa minyak atsiri sebanyak 15 senyawa fitokimia yang terdeteksi. Dari 15 senyawa fitokimia dengan menggunakan software pubchem untuk melihat bioaktivitas dari senyawa fitokimia tersebut yang berpotensi sebagai antimeningitis. Aplikasi riset ini akan menjadi database untuk penelitian antimeningitis selanjutnnya. Hasil riset ini diharapkan dapat dipublikasikan dalam jurnal internasional yang terakreditasi dan v dipresentasikan dalam pertemuan atau seminar ilmiah internasional di bidang biologi.

Item Type: Book Section
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:54
Last Modified: 07 Nov 2023 08:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32027

Actions (login required)

View Item
View Item