Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Berbasis Kitab Kuning Pada Pesantren Penyelenggara Pendidikan Ma’had Aly di Provinsi Aceh

Teuku Zulkhairi, 2015088501 (2023) Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Berbasis Kitab Kuning Pada Pesantren Penyelenggara Pendidikan Ma’had Aly di Provinsi Aceh. In: Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Berbasis Kitab Kuning Pada Pesantren Penyelenggara Pendidikan Ma’had Aly di Provinsi Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Berbasis Kitab Kuning Pada Pesantren Penyelenggara Pendidikan Ma’had Aly di Provinsi Aceh] Text (Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Berbasis Kitab Kuning Pada Pesantren Penyelenggara Pendidikan Ma’had Aly di Provinsi Aceh)
LP_PDI_2020-Teuku Zulkhairi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk menjelaskan sistem pengembangan kurikulum pendidikan Islam berbasis kitab kuning yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi Islam khas pesantren, yaitu Ma’had Aly di Provinsi Aceh. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data wawancara diperoleh dengan melibatkan sebanyak enam narasumber terpilih yang merupakan pengurus Ma’had Aly. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kitab kuning menjadi fokus utama dalam pengembangan kurikulum, baik pada proses perencanaan, implementasi maupun evaluasi. Pada tahapan perencanaan, penyusunan mata kuliah dilakukan dengan berbasis kitab kuning. Untuk mencapai target pembelajaran, penguasaan kitab kuning dijadikan sebagai keterampilan khusus lulusan. Pada proses implementasi kurikulum, kitab kuning dijadikan sebagai referensi utama pembelajaran. Untuk mencapai tujuan pembelajaran, pembelajaran diselenggarakan menggunakan sistem khataman lalu dikonversi menjadi Sistem Kredit Semester (SKS). Sementara metode pembelajaran dilakukan secara variatif, yakni penggabungan antara model perkuliahan dan model belajar kitab kuning pada pesantren. Tahapan evaluasi kurikulum dilakukan beranekaragam meliputi quiz, midterm, hafalan Alquran dan penguasaan kitab kuning, ujian akhir semester dan penulisan risalah. Hasil penelitian ini menjadi model pengembangan kurikulum pada Perguruan Tinggi Islam sehingga dapat melahirkan kader- kader ulama yang mutafaqquh fiddīn.

Item Type: Book Section
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:54
Last Modified: 07 Nov 2023 08:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32030

Actions (login required)

View Item
View Item