Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Peminatan Ilmu Keagamaan Madrasah Aliyah di Aceh

M. Yusuf, 2015027202 (2023) Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Peminatan Ilmu Keagamaan Madrasah Aliyah di Aceh. In: Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Peminatan Ilmu Keagamaan Madrasah Aliyah di Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Peminatan Ilmu Keagamaan Madrasah Aliyah di Aceh] Text (Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Peminatan Ilmu Keagamaan Madrasah Aliyah di Aceh)
LP_PDI_2020-M. Yusuf.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Komponen pendekatan saintifik dalam pembelajaran lebih menekankan pada aktivitas mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Tujuannya diakhir pembelajaran semua kompetensi berimbang antara sikap, keterampilan dan pengetahuan. Observasi awal di Madrasah Aliyah yang ada Peminatan Ilmu Keagamaan di Aceh sebagian belum menerapkan pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013, guru masih mengajar menggunakan pendekatan PAKEM, proses pembelajaran di kelas juga sepenuhnya berpusat pada guru, belum terlihat guru menggunakan pendekatan saintifik dan penilaian yang diterapkan belum sesuai dengan prosedur yang benar yaitu dengan penilaian autentik, apalagi dalam menyusun perangkat pembelajaran tentu belum memenuhinya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang kesiapan guru Madrasah Aliyah Peminatan Ilmu Keagamaan di Aceh terhadap implementasi pendekatan saintifik kurikulum 2013. Penelitian lapangan (field research) ini menggunakan pendekatan kualitatif, suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati dari penelitian. Hasil penelitian bahwa kesiapan guru Peminatan Ilmu Keagamaan Madrasah Aliyah di Aceh dalam mengimplementasikan pendekatan saintifik kurikulum 2013 telah dilakukan dengan baik, baik dari segi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran.

Item Type: Book Section
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:54
Last Modified: 07 Nov 2023 08:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32031

Actions (login required)

View Item
View Item