Sejarah Perkembangan Islam di Masyarakat Gayo, Provinsi Aceh

Arfiansyah, 2022048101 (2023) Sejarah Perkembangan Islam di Masyarakat Gayo, Provinsi Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Sejarah Perkembangan Islam di Masyarakat Gayo, Provinsi Aceh] Text (Sejarah Perkembangan Islam di Masyarakat Gayo, Provinsi Aceh)
LP_PPK_2019-Arfiansyah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang sejarah perkembangan Islam pada masyarakat Gayo. Penelitian ini membatasi waktu sejarah pada masa kolonial Belanda dan pasca kemerdekaan Indonesia dan secara umum mengkaji dampak masa lalu islamisasi budaya terhadap hari ini. Penelitian mencoba menanyakan kembali pertanyaan sosio-antropologis tentang Islam mengapa umat agama yang merujuk pada satu teks yang sama memiliki praktik dan pemahaman yang begitu beragam. Pertanyaan tersebut diuraikan kembali dalam kajian tentang perkembangan Islam masyarakat Gayo yang mendiami wilayah Aceh Tengah dan Bener Meriah. Uraian pertanyaan besar tersebut adalah bagaimana proses perkembangan Islam pada masa kolonial dan dampaknya terhadap adat/budaya lokal? Apakah berdebatan agama dan budaya pada masa kolonial dan pasca kemerdekaan dan bagaimana dampaknya terhadap masyarakat? Bagaimana kejadian masa lalu mempengaruhi praktik Islam saat ini pada masyarakat Gayo? Pertanyaan-pertanyaan tersebut dieksplorasi dengan mengunakan kajian historis dan collective memory masyarakat setempat. Data penelitian collective memory dilakukan semenjak tahun 2015 dan 2019.

Item Type: Book
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 206 Tokoh dan Organisasi
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X9 Sejarah Islam dan Biografi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:10
Last Modified: 07 Nov 2023 09:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32039

Actions (login required)

View Item
View Item