Analisis Model Informasi Akuntansi Bagi Muzakki dalam Penentuan Keputusan Pembayaran Zakat

Evy Iskandar, 2024026901 (2023) Analisis Model Informasi Akuntansi Bagi Muzakki dalam Penentuan Keputusan Pembayaran Zakat. In: Analisis Model Informasi Akuntansi Bagi Muzakki dalam Penentuan Keputusan Pembayaran Zakat. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Model Informasi Akuntansi Bagi Muzakki dalam Penentuan Keputusan Pembayaran Zakat] Text (Analisis Model Informasi Akuntansi Bagi Muzakki dalam Penentuan Keputusan Pembayaran Zakat)
LP_PPK_2019-Evy Iskandar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tentang keputusan membayar zakat oleh wajib zakat atau muzakki dalam menentukan pembayaran zakatnya sangat menarik untuk ditelusuri sebagai suatu perilaku muzakki untuk memenuhi kewajiban agamanya. Perilaku muzakki terhadap pembayaran zakat tidak terlepas dari penjelasan dari beberapa alasan yang mendasarinya dengan melihat dari perspektif yang menjurus pada pemahamannya terhadap agama atau norma subjektif, sikap dan kemauan yang dimiliki oleh muzakki tersebut. Dari sisi akuntasi juga berhubungan dengan perilaku akuntansi dari perhitungan dan keputusan yang menjadi dasar pertimbangan muzakki. Untuk maksud tersebut maka penelitian ini untuk menguji perilaku (kepatuhan, sikap dan norma) terhadap keputusan membayar zakat dan untuk mengetahui apakah informasi akuntansi yang memediasi hubungan antara perilaku terhadap keptusan membayar zakat. Penelitian ini dilakukan terhadap persepsi 100 orang muzakki yang membayar zakat di seluruh Baitul Mal yang ada di Aceh. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa sikap Muzakki berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi informasi akuntansi zakat. Persepsi informasi akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan muzaki untuk membayar zakat melalui Baitul Mal. Informasi akuntansi hanya memediasi pengaruh sikap terhadap keputusan muzakki untuk membayar zakat tetapi tidak memediasi norma subjektif dan kepatuhan muzakku untuk membayar zakat. Penelitian merekomendasi pentingnya informasi akuntansi untuk meningkatan keputusan muzakki dalam membayar zakat di Baitul Mal Aceh.

Item Type: Book Section
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 003 Systems
200 Religion (Agama) > 203 Ibadah Umum dan Praktik lainnya
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:11
Last Modified: 07 Nov 2023 09:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32046

Actions (login required)

View Item
View Item