Implementasi Akad Mudharabah Mutlaqah Di Perbankan Syariah Pada Produk Deposito BTN IB (Studi Kasus BTN Syariah Banda Aceh)

Afnizah Maulia Lubis, 190603144 (2023) Implementasi Akad Mudharabah Mutlaqah Di Perbankan Syariah Pada Produk Deposito BTN IB (Studi Kasus BTN Syariah Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Implementasi Akad Mudharabah Mutlaqah pada Produk Deposito iB] Text (Membahas tentang Implementasi Akad Mudharabah Mutlaqah pada Produk Deposito iB)
Afnizah Maulia Lubis, 190603144, FEBI, PS, 081370118759.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Bank BTN Syariah Banda Aceh. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Akad Mudharabah Mutlaqah di Bank BTN Syariah Banda Aceh pada produk deposito, kesesuaian penerapan akad mudharabah mutlaqah dengan fatwa DSN-MUI No. 07/DSN-MUI/IV/2000 dan kesesuaian penerapan akad mudharabah muthlaqah di BTN Syariah pada Produk Deposito berdasarkan Fatwa DSN-MUI No. 03/DSN-MUI/IV/2000. Penelitian ini menggunakan, metode kualitatif, Metode pengumpulan data yang digunakan dengan Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data/Display Data dan Kesimpulan atau Verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan akad mudharabah mutlaqah diawali dengan nasabah mendepositokan dana kepada Bank, selanjutnya nasabah memberikan kebebasan kepada Bank untuk mengelola dana tersebut untuk mendapatkan keuntungan atau bagi hasil. Penerapan akad mudharabah mutlaqah di BTN Syariah belum sepenuhnya sesuai dengan fatwa DSN-MUI No 07/DSN-MUI/IV/2000. Adapun ketidaksesuaian tersebut adalah Bank tidak hanya menyalurkan dana deposito kepada usaha produktif, tetapi juga kepada pembiayaan konsumtif. Selanjutnya penerapan akad mudharabah mutlaqah di BTN Syariah berdasarkan fatwa DSN-MUI No. 03/DSN-MUI/IV/2000 belum sepenuhnya sesuai karena tidak semua pembukaan buku rekening deposito Syariah modalnya dinyatakan dalam bentuk tunai bukan dalam bentuk piutang. Hal ini dibuktikan dengan masih Hal ini dibuktikan dengan adanya nasabah yang mendepositkan dana yang berasal dari hasil pencairan dana pembiayaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Afnizah Maulia Lubis Afnizah
Date Deposited: 07 Sep 2023 02:47
Last Modified: 07 Sep 2023 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32049

Actions (login required)

View Item
View Item