Perbedaan Efikasi Diri Ditinjau Berdasarkan Jenis Kelamin Pada Mahasiswa Yang Menyelesaikan Skripsi Di Universitas Islam Negeri Ar- Raniry Banda Aceh

Silvi Yana, 170901133 (2023) Perbedaan Efikasi Diri Ditinjau Berdasarkan Jenis Kelamin Pada Mahasiswa Yang Menyelesaikan Skripsi Di Universitas Islam Negeri Ar- Raniry Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Efikasi Diri] Text (Efikasi Diri)
Silvi Yana, 170901133, FPSI, PSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Efikasi diri pada mahasiswa laki-laki dan mahasiswi perempuan secara gender terdapat perbedaan cara berfikir, mengelola emosi, dan berperilaku. Efikasi diri ialah adalah keyakinan seorang mahasiswa atas kemampuan yang dimilikinya untuk mengatur dan menyelesaikan suatu tugas yang diperlukan sesulit apapun agar mampu bertahan untuk mencapai hasil tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efikasi diri berdasarkan jenis kelamin pada mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode komparasi. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala efikasi diri . Jumlah populasi mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi sebanyak 2.452 dan jumlah sampel dalam peneliti ini sebanyak 304 mahasiswa yang terdiri dari 152 mahasiswa laki-laki dan 152 mahasiswi perempuan. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuota sampling. Hasil penelitian ini menunjukan nilai Mann-Whitney U = 9940,500 dikonversikan ke nilai Z = -2,146 dan memperoleh nilai signifikan p=0,032 yang menandakan bahwa terdapat perbedaan efikasi diri antara mahasiswa perempuan dan mahasiswa laki-laki.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Silvi Yana Silvi
Date Deposited: 08 Sep 2023 02:36
Last Modified: 08 Sep 2023 02:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32055

Actions (login required)

View Item
View Item