Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran Biologi oleh Guru SMA di Kabupaten Bireuen

Nurlia Zahara, 2021098803 (2023) Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran Biologi oleh Guru SMA di Kabupaten Bireuen. In: Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran Biologi oleh Guru SMA di Kabupaten Bireuen. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran Biologi oleh Guru SMA di Kabupaten Bireuen] Text (Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran Biologi oleh Guru SMA di Kabupaten Bireuen)
LP_PPK_2019-Nurlia Zahara.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (998kB)

Abstract

Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pemanfaatan dan keefektifan e-learning sebagai media pembelajaran biologi SMA di Kabupaten Bireuen telah dilaksanakan pada semester genap Tahun Pelajaran 2018/2019 di Kabupaten Bireuen. Metode penelitian yang digunakan adalah mix methods. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMA Negeri yang ada di Kabupaten Bireuen. Sampel dalam penelitian ini adalah guru biologi di SMAN 1 Bireuen, SMAN 2 Bireuen dan SMAN 2 Peusangan yang berjumlah 12 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan e-learning sebagai media pembelajaran biologi oleh guru di SMA Kabupaten Bireuen yang ditinjau dari beberapa kriteria yaitu perencanaan pembelajaran e-learning sebesar 77,08% dan pelaksanaan pembelajaran e- learning sebesar 72,50%. E-learning efektif diterapkan pada pembelajaran biologi dengan persentase 78,43%. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan e-learning sebagai media pembelajaran biologi oleh guru di SMA di Kabupaten Bireuen secara keseluruhan sudah baik.

Item Type: Book Section
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 003 Systems
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:12
Last Modified: 07 Nov 2023 09:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32061

Actions (login required)

View Item
View Item