Sistem Perlindungan Ketenagakerjaan Pada Buruh Kontrak di PDAM Tirta Daroy Dalam Perspektif Ijarah - Ala

Muhammad Agiel Fahwan Gayo, 180102205 (2022) Sistem Perlindungan Ketenagakerjaan Pada Buruh Kontrak di PDAM Tirta Daroy Dalam Perspektif Ijarah - Ala. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Perlindungan, Ketenagakerjaan, Kontrak Kerja, Akad Ijarah Al Amal] Text (Perlindungan, Ketenagakerjaan, Kontrak Kerja, Akad Ijarah Al Amal)
Muhammad Agiel Fahwan Gayo, 180102205, FSH, HES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Pelaksanaan kontrak kerja di sebuah perusahaan harus mengutamakan kesejahteraan para pekerja yang di kontrak oleh perusahaan walaupun mekanisme kontrak kerja sendiri telah di tentukan dalam Undang Undang akan tetapi ada beberapa aspek sesuai dengan akad dalam ajaran Islam yang harus diterapkan dimana hal tersebut diatur dalam akad Ijarah Ala Al Amal, dalam penelitian ini penulis mengambil konsenterasi penelitian di PDAM Tirta Daroy, dimana bagaimana mekanisme pelaksanaan kontrak kerja di PDAM TIrta Daroy sudah berjalan sesuai ketentuan akad Ijarah Ala Al Amal dan Undang Undang Ketenagakerjaan, permasalahan dalam skripsi ini adalah ; (1) Bagaimana sistem perlindungan hukum terhadap tenaga kerja kontrak di PDAM Tirta Daroy? (2) Bagaimana pelaksanaan kontrak kerja antara pihak manajemen PDAM Tirta Daroy dengan buruh kontrak dalam meningkatkan kinerja dan mutu ? (3) Bagaimana tinjauan akad Ijarah Ala Al Amal terhadap sistem perlindungan ketenagakerjaan di PDAM Tirta Daroy. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan analisis deskriptif analisis, dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, dokumentasi dan kuisioner. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan melihat kembali hasil wawancara yang telah dikumpulkan, lalu pengelolahan data melalui proses penyutingan. Penulis menyimpulkan bahwa perlindungan terhadap butuh kontrak di PDAM Tirta Daroy sudah sesuai dengan ketentuan yang di tetapkan sesuai dengan akad Ijara Ala Al Amal, akan tetapi beberapa aspek berupa kesejahteraan dan upah harus lebih diperhatikan terutama dalam perihal biaya perjalanan buruh kontrak menuju pekerjaan lapangan, serta juga butuhnya pengawasan lebih terhadap pekerjaan tenaga kontrak yang bekerja di lapangan untuk menghindari resiko tehadap kejadian yang tidak diinginkan di lapangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Agiel Fahwan Gayo Agiel
Date Deposited: 08 Sep 2023 02:33
Last Modified: 08 Sep 2023 02:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32075

Actions (login required)

View Item
View Item