Peran Home Industri Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus Pada Kue Arafit di Gampong Paya Kecamatan Trienggadeng Kabupaten Pidie Jaya)

Sri Wahyuni, 170604084 (2022) Peran Home Industri Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus Pada Kue Arafit di Gampong Paya Kecamatan Trienggadeng Kabupaten Pidie Jaya). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pemberdayaan, Home Industri, Kue Arafit.] Text (Pemberdayaan, Home Industri, Kue Arafit.)
Sri Wahyuni, 170604084, FEBI, IE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan yang sering terjadi pada negara berkembang dalam melaksanakan pembangunan adalah bagaimana cara negara tersebut memelihara kestabilan ekonomi dan pertumbuhan ekonominya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peran Home Industri Kue Arafit di Gampong Paya dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat dan bagaimana peran pemerintah Kabupaten Pidie Jaya dalam pengembangan Home Industri Kue Arafit di Gampong Paya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran Home Industri Kue Arafit di Gampong Paya sebagai penolong ekonomi masyarakat di Gampong Paya sebelumnya masyarakat disekitar Home Industri tidak bekerja sejak lahirnya Home Industri Kue Arafit di Gampong Paya masyarakatnya jauh lebih mandiri, ekonominya berkecukupan dan membantu untuk mengurangi masalah tingkat kemiskinan di sekitarnya. Yang kedua adalah peran pemerintah Pidie Jaya adalah sebagai pembantu usaha baik itu berupa modal, edukasi tentang meningkatkan kualitas dan promosi produk.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Sri Wahyuni Yuni
Date Deposited: 07 Sep 2023 02:26
Last Modified: 07 Sep 2023 02:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32079

Actions (login required)

View Item
View Item