Membangun Keluarga Harmonis Melalui Komunikasi Qawlan Layyinan (Studi Pada Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar)

Muhammad Rijaalul Ikram, 190401046 (2023) Membangun Keluarga Harmonis Melalui Komunikasi Qawlan Layyinan (Studi Pada Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Membangun Keluarga Harmonis Melalui Komunikasi Qawlan Layyinan (Studi Pada Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar)] Text (Membangun Keluarga Harmonis Melalui Komunikasi Qawlan Layyinan (Studi Pada Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar))
Muhammad Rijaalul Ikram, 190401046, FDK, KPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Keharmonisan keluarga sebagai harapan semua orang. Menciptakan keluarga harmonis tidak semudah membalik telapak tangan. Namun membutuhkan cara komunikasi yang efektif. Di antara komunikasi yang efektif dalam menciptakan keluarga harmonis adalah komunikasi qawlan layyinan. Komunikasi qawlan layyinan ini salah satu cara yang diajarkan Allah Swt kepada nabi Musa as dan Nabi Harun as ketika menghadapi Fir’aun. Karenanya menerapkan cara berkomunikasi dengan lemah lembut dalam keluarga, secara umum dapat terciptanya keluarga yang aman, damai dan sejahtera. Disisi yang lain, tidak semua orang dapat menerapkan komunikasi qawlan layyinan dengan baik. Karenanya, banyak terdapat keluarga yang berantakan, broken dan lain sebagainya. Dari permasalahan tersebut yang menjadi fokus kajian penelitian adalah bagaimana komunikasi qawlan layyinan dapat membentuk keluarga yang harmonis? dan bagaimana membangun komunikasi qawlan layyinan dalam kehidupan rumah tangga untuk mewujudkan keharmonisan keluarga?, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi qawlan layyinan dapat membentuk keluarga yang harmonis dan bagaimana membangun komunikasi qawlan layyinan dalam kehidupan rumah tangga untuk mewujudkan keharmonisan keluarga. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Penilitian ini dilakukan dengan mewawancarai beberapa pihak terkait dan menelaah literatur-literatur terkait. Adapun hasil dari penelitian ini adalah komunikasi qawlan layyinan salah satu komunikasi yang efektif dalam mewujudkan keharmonisan dalam rumah tangga. Namun tidak semua orang dapat menerapkan komunikasi tersebut dalam menciptakan keluarga harmonis. Hal ini sangat dipengaruhi oleh pengetahuan yang dimiliki oleh masing-masing orang. Pengetahuan agama mempunyai peran yang sangat penting dalam menerapkan komunikasi tersebut. Sebagaimana tercermin dalam wawancara beberapa anggota masyarakat di gampong Lieue, Lamkeunung, dan Tanjung Selamat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Rijaalul Ikram Ikram
Date Deposited: 07 Sep 2023 02:56
Last Modified: 07 Sep 2023 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32082

Actions (login required)

View Item
View Item