Efektivitas Remediasi Dalam Penyisihan Kadar Kadmium (Cd) dan COD dengan menggunakan Fitoremediasi Rumput Bebek (Lemna Minor) Lindi TPA Gampong Jawa Banda Aceh

Nazri Adhlani, 180702068 (2022) Efektivitas Remediasi Dalam Penyisihan Kadar Kadmium (Cd) dan COD dengan menggunakan Fitoremediasi Rumput Bebek (Lemna Minor) Lindi TPA Gampong Jawa Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Lemna Minor, Lindi, Fitoremediasi] Text (Lemna Minor, Lindi, Fitoremediasi)
Nazri Adhlani, 180702068, FST, TL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Tumbuhan Lemna minor mampu menurunkan kadar polutan pada lindi. Penggunaan tanaman L. minor dalam limbah lindi dianggap efektif dalam mendegradasi nilai logam berat Kadmium (Cd) dan senyawa organik Chemical Oxygen Demand (COD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan laju penyerapan L. minor dalam mendegradasi logam berat Cd dan menurunkan kadar senyawa organik COD pada lindi Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Gampong Jawa. Penelitian ini menggunakan metode fitoremediasi di laboratorium, serta pengambilan sampel lindi dilakukan dengan teknik grab sampling. Parameter yang digunakan yaitu logam berat Cd dan senyawa organik COD. Variasi reaktor 1 tanpa aerator dan reaktor 2 dilengkapi dengan aerator. Variasi waktu tinggal yang digunakan adalah hari ketiga, keenam, kesembilan, dan keduabelas. Berat tanaman 35 gram dan 5 liter lindi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanaman L. minor dapat menurunkan kadar parameter pada lindi TPA Gampong Jawa dengan persentase optimal yaitu Cd sebesar 15,92%, COD sebesar 94,68%. Perlakuan dengan variasi hari ke-12 serta reaktor yang dilengkapi sistem aerasi paling efektif dalam menurunkan kadar parameter Cd dan COD.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
600 Technology (Applied Sciences)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Nazri Adhlani Adhlani
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:00
Last Modified: 07 Sep 2023 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32083

Actions (login required)

View Item
View Item