Minat Belajar Mahasiswa PAI Angkatan 2019 pada Mata Kuliah Media dan Sumber Belajar PAI di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry.

Niski Khairunisa, 190201023 (2023) Minat Belajar Mahasiswa PAI Angkatan 2019 pada Mata Kuliah Media dan Sumber Belajar PAI di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Minat Belajar  Mahasiswa PAI Angkatan 2019  pada  Mata Kuliah  Media dan Sumber Belajar PAI di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry.] Text (Minat Belajar Mahasiswa PAI Angkatan 2019 pada Mata Kuliah Media dan Sumber Belajar PAI di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry.)
Niski Khairunisa, 190201023, FTK, PAI, 082311522380.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Media dan Sumber belajar PAI merupakan salah satu mata kuliah wajib diikuti seluruh mahasiswa pada prodi PAI sebagai calon guru, dengan tujuan menggali tingkat kreativitas mahasiswa dalam menciptakan suatu media. Tapi pada kenyataannya di lapangan, penulis melihat lemahnya mahasiswa PAI khususnya pada angkatan 2019 dalam menghasilkan suatu media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar mahasiswa PAI angkatan 2019 dan faktor apa saja yang mempengaruhi minat belajar mahasiswa PAI angkatan 2019 pada mata kuliah Media dan Sumber Belajar PAI di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry. Penelitian ini berupa penelitian deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun objek dalam penelitian ini adalah minat belajar mahasiswa PAI angkatan 2019 pada mata kuliah media dan sumber belajar PAI, sedangkan subjek penelitian ini adalah mahasiswa PAI pada angkatan 2019 berjumlah 10 orang yang diambil secara representative atau mewakili dua unit yang berbeda pada mata kuliah media dan sumber belajar PAI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar mahasiswa PAI angkatan 2019 terdiri dari aspek: Pertama, kesukaan/perasaan senang mahasiswa terhadap mata kuliah Media dan Sumber Belajar PAI menunjukkan penuh kesenangan. Kedua, ketertarikan mahasiswa terhadap mata kuliah media dan sumber belajar PAI sebagian besar mereka tertarik dengan mata kuliah ini. Ketiga, perhatian mahasiswa terhadap mata kuliah media dan sumber belajar PAI, menunjukkan penuh perhatian. Keempat, keterlibatan mahasiswa terhadap mata kuliah media dan sumber belajar PAI dalam proses pembelajaran menunjukkan respon positif, aktif, dan antusias. Dengan demikian, minat belajar mahasiswa tersebut baik terhadap mata kuliah media dan sumber belajar PAI. Adapun Faktor yang mempengaruhi minat belajar mahasiswa PAI angkatan 2019 pada mata kuliah media dan sumber belajar PAI dipengaruhi dua faktor, yaitu faktor internal dan eskternal. Faktor internal berasal dari pengalaman, dan keingintahuan mahasiswa PAI angkatan 2019 untuk mempelajari media power point dengan pendekatan hyperlink, sedangkan faktor eksternal berasal dari situasi belajar, motivasi, koneksi jaringan, dan keluarga.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Media dan Sumber Belajar PAI.
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Niski Khairunisa
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:46
Last Modified: 07 Sep 2023 03:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32096

Actions (login required)

View Item
View Item