Kesejahteraan Lansia Muslim Dan Nonmuslim Di Nagori Bosar Kecamatan Panombeian Panei Kabupaten Simalungun Sumatera Utara

Nahdah Ranuri Purba, 190405010 (2023) Kesejahteraan Lansia Muslim Dan Nonmuslim Di Nagori Bosar Kecamatan Panombeian Panei Kabupaten Simalungun Sumatera Utara. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Kesejahteraan Lansia Muslim Dan Nonmuslim Di Nagori Bosar Kecamatan Panombeian Panei Kabupaten Simalungun Sumatera Utara] Text (Kesejahteraan Lansia Muslim Dan Nonmuslim Di Nagori Bosar Kecamatan Panombeian Panei Kabupaten Simalungun Sumatera Utara)
Nahdah Ranuri Purba, 190405010, FDK, KESOS, 082180404521.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Lanjut usia adalah warga negara yang perlu mendapatkan perhatian lebih. Saat ini jumlah lansia di Indonesia mencapai 10,48% dari jumlah penduduk Berdasarkan Survei Sensus Nasional BPS pada Maret 2022. Lansia kerap mempunyai keterbatasan dalam beraktivitas, karena itu kesejahteraan mereka semakin lama semakin berkurang. Di Nagori Bosar jumlah lansia mencapai 9,1% dari jumlah seluruh penduduk. Aktivitas lansia di nagori bosar sudah berkurang dan banyak dari mereka yang sudah tidak produktif lagi. Berdasarkan pada hal ini peneliti berusaha untuk mendeskripsikan kesejahteraan lansia di nagori bosar dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif dengan jenis penelitian Deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Nonprobability sampling yaitu dengan menetapkan kriteria tertentu dengan jumlah sampel sebanyak 21 yang terdiri dari 10 responden penelitian dan 11 informan penelitian. Setelah diadakan penelitian terdapat hasil penelitian yang menunjukkan bahwa kesejahteraan lansia muslim dan nonmuslim di nagori bosar Kecamatan Panombeian Panei Kabupaten Simalungun lebih didominasi oleh lansia nonmuslim khususnya pada indikator kesehatan, pendidikan, dan perumahan dan fasilitas rumah. Peneliti melihat dari segi kesehatan seperti Riwayat penyakit, ketersediaan pelayanan kesehatan, jarak tempuh lokasi pelayanan kesehatan, pendidikan yaitu tingkat pendidikan yang di tamatkan, ketenagakerjaan seperti jenis pekerjaan dan jumlah penghasilan, taraf dan pola komsumsi yaitu pengeluaran yang dikeluarkan baik untuk kebutuhan pangan maupun non pangan, perumahan dan fasilitas rumah yang mencakup kepemilikan rumah, jenis rumah, pekarangan rumah, sumber air, MCK dan alat elektronik. Berdasarkan pada kenyataan diatas diharapkan pemerintah ikut andil dalam menyejahterakan lansia serta mengadakan home visit kesehatan mengingat lansia muslim dan nonmuslim di Nagori Bosar sulit untuk mengikuti posyandu lansia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Nahdah Ranuri Purba
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:45
Last Modified: 07 Sep 2023 03:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32098

Actions (login required)

View Item
View Item