Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Self-Regulated Learning Pada Siswa MTsN 2 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat

Irma Yulianti, 160901034 (2023) Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Self-Regulated Learning Pada Siswa MTsN 2 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kecerdasan emosional, self-regulated learning] Text (Kecerdasan emosional, self-regulated learning)
Irma Yulianti, 160901034, FPSI, PSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan self regulated learning pada siswa MTsN 2 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Teknik sampling yang digunakan yaitu simple random Sampling dengan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 172 siswa MTsN 2 Meulaboh Aceh. Pengumpulan data menggunakan skala kecemasan emosional dengan teori Goleman dan Skala self-regulated learning menggunakan teori Pintrich, Smith, Garcia & Mckeachie dengan model skala Likert. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson dengan bantuan program SPSS 21.0. Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi r = 0,611 dengan p = 0,000 artinya terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan self regulated learning pada siswa MTsN 2 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat. Hubungan tersebut menunjukkan semakin tinggi kecerdasan emosional maka semakin tinggi self-regulated learning siswa, sebaliknya semakin rendah kecerdasan emosional maka semakin rendah self- regulated learning pada siswa MTsN Meulaboh Kabupaten Aceh Barat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Irma Yulianti Irma
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:33
Last Modified: 07 Sep 2023 03:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32099

Actions (login required)

View Item
View Item