Kualitas Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Singkil

Darma Kurniawan Brampu, 180802120 (2023) Kualitas Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Singkil. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Kualitas Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran Pada Dinas Kependudukan] Text (Kualitas Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran Pada Dinas Kependudukan)
Darma Kurniaawan Brampu, 180802120, FISIP IAN, 081209521738.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pelayanan publik merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh sekelompok orang atau seorang aparatur pemerintah untuk memberikan pelayanan yang berkualitas terhadap masyarakat yang membutuhkan untuk mencapai tujuan tertentu. Pelayanan publik harus memperhatikan kebutuhan dari masyarakat, kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi jika pelayanan publik bisa memberikan pelayanan yang prima berdasarkan dari teori yang telah dikemukakan oleh Gasperz yaitu: “kepastian waktu pelayanan, akurasi pelayanan, kesopanan dan keramahan, tanggung jawab, kelengkapan, dan kemudahan mendapatkan pelayanan”. Maka dari itu jika pelayanan telah memenuhi kriteria tersebut, maka dapat di katakan kebutuhan masyarakat sudah terpenuhi sehingga pelayanan dapat memberikan kepuasan kepada masyarakat. Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Singkil merupakan instansi pelaksana penyelenggara pelayanan yang memiliki domain fungsi pelayanan bidang administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Pelayanan yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Singkil bersifat pelayanan administrasi kepada masyarakat. sebagai instansi pelaksana urusan administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil merupakan salah satu urusan yang wajib yang harus dikelola dan dilaksanakan secara baik oleh pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa kualitas pelayanan serta persyaratan yang di butuhkan dalam pembuatan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Singkil. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pembuatan akta kelahiran di DISDUKCAPIL Kabupaten Aceh Singkil sudah memenuhi dimensi dan indikator yang telah ditetapkan di fokus penelitian. Namun dalam praktiknya sehari-hari terdapat beberapa kendala yang belum dapat diatasi sepenuhnya. Kendala tersebut adalah gangguan jaringan serta pemadaman listrik yang sering sekali sulit untuk diatasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
600 Technology (Applied Sciences)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Darma Kurniawan Brampu Darma
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:36
Last Modified: 07 Sep 2023 03:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32101

Actions (login required)

View Item
View Item