Penggunaan Strategi Directed Reading Thinking Activity Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V MIN 18 Aceh Selatan

Depida Husma, 180209025 (2023) Penggunaan Strategi Directed Reading Thinking Activity Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V MIN 18 Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Ketrampilan Membaca Pemahaman] Text (Membahas Tentang Ketrampilan Membaca Pemahaman)
Depida Husma, 180209025, FTK, PGMI, 082275509773.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Keterampilan membaca pemahaman merupakan upaya untuk mengembangkan kemampuan berfikir secara kritis, memperoleh gagasan-gagasan baru, pandangan-pandangan baru serta memperoleh pemikiran yang murni. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca pemahaman peserta didik yang ditandai dengan 52,38% peserta didik memperoleh nilai dibawah KKM 70. Penelitian ini menggunakan strategi pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dalam pembelajaran bahasa Indonesia.Penelitian ini mengambil metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan II siklus tindakan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V MIN 18 Aceh Selatan tahun ajaran 2022/2023 berjumlah 20 peserta didik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas peserta didik dan lembar tes soal. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas guru pada siklus I memperoleh angka sebesar 55% (kategori penilaian kurang) dan pada siklus II memperoleh persentase sebesar 80% (kategori penilaian sangat baik). Aktivitas peserta didik pada siklus I mendapatkan persentase sebesar 52,5% (kategori penilaian kurang) kemudian pada siklus II mendapatkan persentase sebesar 80%(kategori penilaian sangat baik). Adapun keterampilan membaca pemahaman peserta didik pada siklus I mendapatkan persentase ketuntasan sebesar 45% (kategori penilaian gagal) dan pada siklus II memperoleh persentase ketuntasan sebesar 95% (kategori penilaian sangat baik). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Directed Reading Thinking Activity dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik di kelas V MIN 18 Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Depida Husma
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:59
Last Modified: 07 Sep 2023 03:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32104

Actions (login required)

View Item
View Item