Hubungan Self Regulated Learning Dengan Stress Akademik Pada Mahasiswa Yang Kuliah Sambil Bekerja Di UIN Ar-Raniry

Puji Dwi Prihanta, 180901118 (2023) Hubungan Self Regulated Learning Dengan Stress Akademik Pada Mahasiswa Yang Kuliah Sambil Bekerja Di UIN Ar-Raniry. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Hubungan Self Regulated Learning Dengan Stress Akademik Pada Mahasiswa Yang Kuliah Sambil Bekerja Di UIN Ar-Raniry] Text (Hubungan Self Regulated Learning Dengan Stress Akademik Pada Mahasiswa Yang Kuliah Sambil Bekerja Di UIN Ar-Raniry)
Puji Dwi Prihanta, 180901118, PSI, PSI, 081377443720.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Self regulated learning merupakan sebuah kemampuan individu untuk mengelola dirinya sendiri Ketika dihadapkan pada tanggung jawab yang harus diselesaikan seperti pekerjaan atau perkuliahan. Salah satu faktor yang mempengaruhi self regulated learning adalah self regulated learning. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara self regulated learning dam Stres akademik pada siswa mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang berkuliah sambil bekerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini tidak diketahui. Peneliti mengambil sampel 150 sampel. Pengambilan sampel menggunakan snowball sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala self regulated learning skala yang dikemukakan oleh Zimmerman dan Martinez-Pons (1986), stress akademik yang disusun berdasarkan aspek yang dikemukakan oleh Gadzella dan Masten (2005). Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi product moment pearson (r) sebesar 0.917 dengan signifikansi p = 0,000 yang menandakan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara self regulated learning dengan stress akademik. Artinya, semakin tinggi self regulated learning maka stress akademik akan semakin tinggi, begitu pula sebaliknya semakin rendah self regulated learning maka stress akademik akan semakin rendah. Berdasarkan hasil penelitian didapat bahwa stress akademik memiliki sumbangan efektif sebesar 84,2% terhadap self regulated learning dan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa Kuliah sambil Bekerja, Stress Akademik, Self Regulated Learning
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Puji Dwi Prihanta Puji
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:33
Last Modified: 07 Sep 2023 03:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32106

Actions (login required)

View Item
View Item