Pengaruh Literasi Digital Terhadap Pengembangan Kompetensi Berkelanjutan (PKB) Pada Guru Di SMP Negeri 8 Banda Aceh

Eliada Sista Frianti, 170212117 (2023) Pengaruh Literasi Digital Terhadap Pengembangan Kompetensi Berkelanjutan (PKB) Pada Guru Di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Literasi Digital Terhadap Pengembangan Kompetensi Berkelanjutan (PKB) Pada Guru Di SMP Negeri 8 Banda Aceh] Text (Pengaruh Literasi Digital Terhadap Pengembangan Kompetensi Berkelanjutan (PKB) Pada Guru Di SMP Negeri 8 Banda Aceh)
Eliada Sista Frianti, 170212117, FTK, PTI, 089531126803.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kemajuan teknologi dalam bidang sosial dan pendidikan bersamaan atas keberadaan banyak informasi yang terus berkembang serta mengakibatkan banyak perubahan. Perubahan tersebut diawali dengan munculnya internet kemudian melahirkan banyak perubahan terbaru dari media massa. Munculnya teknologi digital harus diiringi terhadap pengetahuan dan pemahaman tentang manfaat teknologi digital tersebut oleh pendidik, orang tua dan anak. Salah satunya guru harus memiliki pemahaman dan kemampuan literasi digital. Guru merupakan faktor utama yang menentukan kualitas pendidikan sekolah dan berhasil tidaknya upaya inovasi. Guru harus memiliki berbagai kecakapan abad 21 yang salah satunya menggunakan dan mengkolaborasikan teknologi dalam menyampaikan dan mendukung sistem pendidikan, guru perlu mengembangkan sumber belajar digital untuk diakses peserta didik menggunakan teknologi, guru dengan peserta didik harus menggunakan teknologi digital dalam memfasilitasi pembelajaran. Berkenaan dengan hal tersebut, maka penelitian literasi digital terhadap pengembangan kompetensi berkelanjutan pada guru di SMP Negeri 8 banda Aceh ini dapat membantu guru-guru untuk lebih bijak menggunakan teknologi informasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional dan data yang dikumpulkan berupa hasil wawancara serta kuesioner. Hasil penelitian yang diperoleh melalui wawancara menunjukkan bahwa adanya perbedaan dari guru senior dan guru junior, yaitu guru junior lebih memahami tentang literasi digital sementara guru senior banyak yang tidak memahami tentang literasi digital. Pengumpulan data dengan menyebarkan kusioner pada guru dan pengolahan data dengan program SPSS. Hasil penelitian yang didapatkan ialah nilai F hitung = 18.233 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel X (Literasi Digital) berpengaruh terhadap Variabel Y (Pengembangan Kompetensi Berkelanjutan) namun pengaruh dari kedua variabel yang digunakan lebih kecil dari variabel lainnya yaitu sebesar 39,4% dan pengaruh dari variabel lain sebesar 60,6%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Literasi, Digital, Pengembangan, Kompetensi, Berkelanjutan, Guru
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Eliada Sista Frianti
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:41
Last Modified: 07 Sep 2023 03:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32108

Actions (login required)

View Item
View Item