Analisis Peranan Pelatihan Vokasi Oleh BPVP Banda Aceh Dalam Peningkatan Kapasitas Keterampilan Pengangguran Terdidik Lulusan Perguruan Tinggi Di Kota Banda Aceh

Nora Azkia, 190405006 (2023) Analisis Peranan Pelatihan Vokasi Oleh BPVP Banda Aceh Dalam Peningkatan Kapasitas Keterampilan Pengangguran Terdidik Lulusan Perguruan Tinggi Di Kota Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Peranan Pelatihan Vokasi Oleh Bpvp Banda Aceh Dalam Peningkatan Kapasitas Keterampilan Pengangguran] Text (Analisis Peranan Pelatihan Vokasi Oleh Bpvp Banda Aceh Dalam Peningkatan Kapasitas Keterampilan Pengangguran)
revisi sidang.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Setiap manusia memerlukan keterampilan untuk mencari nafkah demi memenuhi kebutuhan hidupnya. Keterampilan dapat diperoleh melalui Pendidikan Formal dan pendidikan Informal Pendidikan Formal sudah terstruktur dari sekolah dasar hingga Perguruan tinggi. Semestinya semakin tinggi pendidikan orang maka akan semakin terampil dia, dan dari keterampilannya itu akan mendapat bayaran semakin tinggi. Dalam kenyataannya berdasarkan data BPS tahun 2021 angka pengangguran terdidik mengalami peningkatan dari 6,69% pada tahun 2020 menjadi 8,55% pada tahun 2021 dari jumlah angkatan kerja dengan tingkat lulusan perguruan tinggi. Hal ini menjadi penyebab utama terjadinya jenis pengangguran ini. Ditambah lagi keterampilannya untuk mendapatkan pekerjaan walaupun tidak sesuai dengan ijazah kesarjanaannya. Balai Pelatihan Kerja dan Produktifitas (BPVP) sebagai suatu lembaga pendidikan yang formal telah melakukan pendidikan tambahan keterampilan bagi lulusan perguruan tinggi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan pendkatan lapangan yang dilakukan dengan cara observasi,wawancara dan dokumentasi selama tiga bulan juga dikonfirmasi dngan sejumlah pesrta didik lulusan perguruan tinggi, alumni, para staff dan fasilitator. Berdasarkan uraian diatas sebagai rekomendasi hendaknya Balai Pelatihan Kerja dan Produktifitas (BPVP) sebelum membrikan pendidikan khusus harus melakukan penelusuran bakat, dan minat calon peserta didik sehingga tidak menjadi pengangguran terdidik dua kali. BPVP disimpulkan memiliki pengaruh yang besar dalam peningkatan kapasitas keterampilan peserta pelatihan, hal ini dibuktikan pada hasil wawancara terkait tentang bagaimana pendapat mereka setelah dan sebelum mengikuti pelatihan di BPVP bahwa sebagian besar menjawab respon positif dan perubahan yang lebih baik dalam dirinya. Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap pelayanan di Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Banda Aceh pada Semester 1 Tahun Anggaran 2023 mendapat nilai rata-rata 91. dengan predikat kinerja unit pelayanan Sangat Baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial)
Divisions: UPT Perpustakaan
Depositing User: Nora Azkia Nora
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:44
Last Modified: 07 Sep 2023 03:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32110

Actions (login required)

View Item
View Item