Tanggung Jawab Hukum Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya dalam Pengelolaan Sampah di Permukiman Berdasarkan Perspektif Fiqh Siyāsah Tanfiẓiyyah

Fatma Azzahra, 180105041 (2023) Tanggung Jawab Hukum Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya dalam Pengelolaan Sampah di Permukiman Berdasarkan Perspektif Fiqh Siyāsah Tanfiẓiyyah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Tanggung Jawab Hukum Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya dalam Pengelolaan Sampah di Permukiman Berdasarkan Perspektif Fiqh Siyāsah Tanfiẓiyyah] Text (Tanggung Jawab Hukum Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya dalam Pengelolaan Sampah di Permukiman Berdasarkan Perspektif Fiqh Siyāsah Tanfiẓiyyah)
Fatma Azzahra, 180105041, FSH, HTN, 081294844783.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pengelolaan sampah merupakan kegiatan yang sistematis dan menyeluruh dalam pengurangan dan penanganan sampah. Pengelolaan sampah di Kabupaten Pidie Jaya tertuang dalam Qanun Kabupaten Pidie Jaya Nomor 2 Tahun 2017 tentang pengelolaan sampah, dimana pada pasal 26 ayat (1) mengamanatkan kepada Pemerintah Kabupaten untuk memfasilitasi pengelola kawasan untuk menyediakan TPS/TPST di kawasan permukiman. Namun fakta di lapangan menunjukkan tidak adanya TPS/TPST di kawasan permukiman Kuta Simpang Kecamatan Meurah Dua Kabupaten Pidie Jaya. Tujuan dalam penelitian ini pertama, untuk mengetahui tanggung jawab hukum Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya dalam pengelolaan sampah. Kedua, untuk mengetahui perspektif fiqh siyāsah tanfiẓiyyah terhadap Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya atas pengelolaan sampah. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode penelitian kualitatif bersumber dari data primer dan skunder dan menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Adapun hasil penelitian ini, pertama tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya yang dijalankan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) belum maksimal dalam menjalankan tanggung jawab pelaksanaan pengelolaan sampah. Tetapi tidak dapat diberikan sanksi administrasi dikarenakan DLH tidak mempunyai mitra kerja sesuai dengan pasal 72 Qanun Kabupaten Pidie Jaya Nomor 2 Tahun 2017. Kedua berdasarkan perspektif fiqh siyāsah tanfiẓiyyah, pemerintahan kabupaten disebut imāmah dan DLH sebagai wazῑr tanfiẓ yang bertujuan untuk membantu pemerintah Kabupaten dalam mewujudkan kesejahteraan umum seperti kemaslahatan rakyat dan pemerintahan yang baik sesuai dengan konsep hukum Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab Hukum, Pengelolaan sampah, Siyāsah Tanfiẓiyyah
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Tata Negara
Depositing User: Fatma Azzahra
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:44
Last Modified: 07 Sep 2023 03:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32112

Actions (login required)

View Item
View Item