Studi Kelayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Pembuatan Tahu dalam Perspektif Islam (di Desa Keude Keumuneng Kecamatan Idi Tunong Kabupaten Aceh Timur)”.

Yuriska Andari Putri, 170602194 (2022) Studi Kelayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Pembuatan Tahu dalam Perspektif Islam (di Desa Keude Keumuneng Kecamatan Idi Tunong Kabupaten Aceh Timur)”. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Studi Kelayakan Bisnis, UMKM.] Text (Studi Kelayakan Bisnis, UMKM.)
Yuriska Andari Putri, 170602194, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan kelayakan bisnis pembuatan tahu di Desa Keude Keumuneng dari aspek produksi ialah sudah sesuai dengan teori studi kelayakan bisnis, namun belum sepenuhnya atau belum sempurna. Karena UD. mudah Rezeuki Beujaya belum bisa konsisten terhadap kualitas tahu yang diijual kepada masyarakat terkadang terdapat tekstur tahu yang mudah hancur. Kemudian dari aspek keuangan menunjukkan bahwa UD. Mudah Rezeuki Beujaya layak untuk dikembangkan dengan melihat perkembangan penjualan dari kecil menjadi besar. Tinjauan ekonomi Islam terhadap kelayakan bisnis pembuatan tahu di desa Keude Keumuneng yaitu diketahui sudah memenuhi kriteria usaha dan sesuai nilai-nilai ekonomi Islam. Saran dalam enelitian ini yaitu kepada pemilik UD. Mudah Rezeuki Beujaya hendaknya selalu membuang produk tahu yang tidak bagus atau mudah hancur, tidak perlu dijual jika produk tahu tersebut tidak bagus, walapun baik dan tidak ada masalah untuk mengkonsumsinya tetapi tekstur dari tahu harus selalu dijaga agar konsumen selalu puas membeli produk tahu di pabrik UD. Mudah Rezeuki Beujaya. Kepada Peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai stud kelayakan bisnis di lihat dari Aspek Pemasaran, Manajemen dan SDM, Hukum, Sosial, dan Dampak Lingkungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Yuriska Andari Putri Yuriska
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:57
Last Modified: 07 Sep 2023 03:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32114

Actions (login required)

View Item
View Item