Peran Majelis Ta’lim dalam Pembinaan Keagamaan Ibu- Ibu Gampong Cot Rheng Kecamatan Pidie Kabupaten Pidie

Nurul Fajri Ramadhani, 160201118 (2023) Peran Majelis Ta’lim dalam Pembinaan Keagamaan Ibu- Ibu Gampong Cot Rheng Kecamatan Pidie Kabupaten Pidie. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Majelis Ta’lim dalam Pembinaan Keagamaan Ibu- Ibu] Text (Peran Majelis Ta’lim dalam Pembinaan Keagamaan Ibu- Ibu)
Nurul Fajri Ramadhani, 160201118, FTK, PAI, 082166707138.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran majelis ta’lim dalam membina keagamaan ibu-ibu di gampong Cot Rheng, faktor pendukung majelis ta’lim serta kendala yang menjadi hambatan kegiatan majelis ta’lim dalam membina keagamaan ibu-ibu di gampong Cot Rheng. Sampel dalam penelitian yaitu 1 orang Keuchik, 2 orang ustadz dan 3 orang ibu-ibu. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik purposive sampling. Jenis penelitian yang digunakan yaitu field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa majelis ta`lim sudah berperan sebagai wadah pembinaan umat yang diberikan melalui pengajian rutin 8 kali dalam sebulan, tempat pengajian yang dapat menjalin silaturahmi dan pendidikan sepanjang hayat. Faktor pendukung majelis ta’lim dalam pembinaan keagamaan ibu- ibu Gampong Cot Rheng adalah keikutsertaan dalam kegiatan majelis ta`lim secara rutin dan terjadwal guna memperoleh ilmu agama untuk diamalkannya. Faktor lain yang mendukung adalah mendapatkan izin dari suami untuk mengikuti majelis ta’lim. Kegiatan majelis ta’lim semuanya itu bersifat ibadah dan sosial yang sangat berpengaruh dalam meningkatkan perilaku pembinaan keagamaan. Pengajian dalam kegiatan majelis ta`lim memiliki manfaat yang begitu besar nilainya. Pengajian rutin ini dapat memberikan pengaruh positif dan membantu membina sikap keagamaan bagi anggota majelis ta`lim terutama para ibu-ibu. Faktor yang menjadi penghambat yang dihadapi majelis ta’lim yaitu: hambatan internal dan hambatan eksternal. Faktor yang paling menghambat pembinaan keagamaan masyarakat yang dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal seperti: kesibukan masyarakat dalam bekerja, sakit, keperluan mendadak, lingkungan masyarakat, dan kurangnya anggaran dana desa untuk majelis ta’lim

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 203 Ibadah Umum dan Praktik lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Fajri Ramadhani Nurul
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:45
Last Modified: 07 Sep 2023 03:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32116

Actions (login required)

View Item
View Item