Keanekaragaman Jenis Collembola Di Lingkungan Kampus Uin Ar-Raniry Menggunakan Berlese Trap Sebagai Referensi Mata Kuliah Entomologi

Al Muzani, 150207143 (2023) Keanekaragaman Jenis Collembola Di Lingkungan Kampus Uin Ar-Raniry Menggunakan Berlese Trap Sebagai Referensi Mata Kuliah Entomologi. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Keanekaragaman Jenis Collembola Di Lingkungan Kampus Uin Ar-Raniry Menggunakan Berlese Trap Sebagai Referensi Mata Kuliah Entomologi] Text (Keanekaragaman Jenis Collembola Di Lingkungan Kampus Uin Ar-Raniry Menggunakan Berlese Trap Sebagai Referensi Mata Kuliah Entomologi)
Al Muzani, 150207143, FTK, PBL, 082277549424.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Collembola disebut sebagai ekor pegas atau springstail karena di ujung abdomen terdapat organ mirip ekor yang berfungsi sebagai organ gerak dengan cara seperti pegas. Referensi pendukung materi Collembola pada mata kuliah Entomologi masih sangat terbatas sehingga perlu adanya kajian untuk menambah referensi pendukung materi Collembola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis Collembola, keanekaragaman Collembola dan menganalisis uji kelayakan penelitian di Lingkungan Kampus UIN Ar-Raniry. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu survei eksploratif dan pengambilan sampel secara purposive sampling menggunakan Berlese Trap. Hasil penelitian di dapatkan 12 spesies dari 4 famili dengan jumlah 117 individu. Indeks keanekaragaman jenis Collembola di kategorikan rendah dengan indeks H’=1,9394. Hasil uji kelayakan buku saku oleh validator ahli diperoleh skor 84,13% dikategorikan sangat layak dijadikan sebagai media pendukung pembelajaran dan referensi tambahan mata kuliah Entomologi. Kesimpulan penelitian adalah spesies Collembola yang paling bayak ditemukan yaitu Pseudosinella sp. dan yang paling sedikit ditemukan yaitu Folsomia sp., Hypogastrura sp. dan Ceratophysella sp; Indeks keanekaragaman jenis Collembola dikategorikan rendah; dan Produk hasil penelitian Keanekaragaman Jenis Collembola di Lingkungan Kampus UIN Ar-Raniry Menggunakan Berlese Trap akan diaplikasikan menjadi bentuk buku saku.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Al Muzani Al
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:47
Last Modified: 07 Sep 2023 03:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32119

Actions (login required)

View Item
View Item