Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan App Inventor 2 Pada Mata Pelajaran Biologi Untuk MAN 3 Aceh Besar

Muhammad Sajadal Khairi, 170212128 (2023) Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan App Inventor 2 Pada Mata Pelajaran Biologi Untuk MAN 3 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan App Inventor 2 Pada Mata Pelajaran Biologi Untuk MAN 3 Aceh Besar] Text (Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan App Inventor 2 Pada Mata Pelajaran Biologi Untuk MAN 3 Aceh Besar)
Muhammad Sajadal Khairi, 170212128, FTK, PTI, 082315710988.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi pembelajaran Biologi untuk memudahkan proses pembelajaran di sekolah. Latar belakang penelitian ini diambil dari materi ruang lingkup biologi kelas X MAN yang susah dipelajari tanpa alat bantu media yang menarik. Dengan ini ada dua permasalahan yang diteliti yaitu: untuk mengetahui bagaimana merancang media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan app inventor, Apakah media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan app inventor layak digunakan untuk siswa-siswi kelas X MAN 3 Aceh Besar. Maka dari itu untuk merancang aplikasi ini menggunakan metode peingeimbangan atau Reiseiarch and Deiveilopmeint (R&D), yang terdiri darii 9 tahapan yaiitu: observasi, peirencanaan, desain produk, peimbuatan produki validasi, validasi produk, revisi produk, uji coba, pembagian angket dan analisis dari hasil produk.dan untuk mengetahui kelayakan apliaksi metode yang digunakan adalah SUS. Berdasarkan hasil perhitungan data dari kuesioner, telah didapatkan hasil rekapitulasi akhir dari 25 orang responden terhadap Usability testing dengan skor rata-rata akhir adalah 80. Dari hasil tersebut, maka aplikasi ini dapat diterima oleh para pengguna. Yang berarti aplikasi ini telah memenuhi harapan dari para pengguna sebagai salah satu sarana pembelajaran biologi yang mudah digunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, android, app inventor, biologi, MAN 3 Aceh besar
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Muhammad Sajadal Khairi
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:52
Last Modified: 07 Sep 2023 03:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32131

Actions (login required)

View Item
View Item