Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Instagram Pada Materi Sistem Kekebalan Tubuh Kelas XI Di SMA Negeri 16 Banda Aceh

Muhammad Fajar, 170207110 (2023) Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Instagram Pada Materi Sistem Kekebalan Tubuh Kelas XI Di SMA Negeri 16 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Instagram Pada Materi Sistem Kekebalan Tubuh Kelas XI Di SMA Negeri 16 Banda Aceh] Text (Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Instagram Pada Materi Sistem Kekebalan Tubuh Kelas XI Di SMA Negeri 16 Banda Aceh)
Muhammad Fajar, 170207110, FTK, PBL, 081369527850.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kendala yang terjadi pada proses pembelajaran yaitu kurangnya variasi pada saat proses pembelajaran yaitu hanya terpaku pada satu buku serta belum ter-update. Pengggunaan bahan ajar berbasis Instagram oleh siswa SMAN 16 Banda Aceh salah satunya adalah untuk mempermudah pengaksesan dan mendapatkan informasi serta ilmu pelajaran terkait materi sistem kekebalan tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis Instagram, menganalisis kelayakan serta respon siswa terhadap bahan ajar berbasis Instagram pada materi sistem kekebalan tubuh di SMAN 16 Banda Aceh. Rancangan penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model penelitian yang dikembangkan oleh Alessi dan Trollip yang terdiri dari 3 tahapan berupa tahapan Planning, Design, dan Development. Subjek dalam penelitian ini 2 ahli media dan 3 ahli materi. Objek dalam penelitian ini adalah 25 siswa kelas XI SMAN 16 Banda Aceh. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar angket uji kelayakan media, ahli materi, dan respon siswa. Analisis data kelayakan dan respon siswa menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menyatakan bahwa bahan ajar biologi berbasis Instagram dengan username @itsbiologynow, mendapatakan uji kelayakan bahan ajar berbasis Instagram sebesar 84% yang mana dapat dikategorikam sebagai kategori sangat layak. Respon siswa terhadap bahan ajar biologi berbasis Instagram mendapatkan hasil sebesar 90% dengan kriteria sangat positif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Bahan Ajar, Instagram, Sistem Kekebalan Tubuh, Kelayakan, Respon Siswa
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Muhammad Fajar
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:57
Last Modified: 07 Sep 2023 03:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32132

Actions (login required)

View Item
View Item