Kebijakan Pemerintah Kota Banda Aceh Dalam Pembangunan Kesehatan Gampong (Studi kasus: Program Model Gampong Sehat di Gampong Lamgugop Kota Banda Aceh)

Darman Suri, 70801049 (2023) Kebijakan Pemerintah Kota Banda Aceh Dalam Pembangunan Kesehatan Gampong (Studi kasus: Program Model Gampong Sehat di Gampong Lamgugop Kota Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Gampong Sehat, Gampong Lamgugop, Kota Banda Aceh] Text (Gampong Sehat, Gampong Lamgugop, Kota Banda Aceh)
Darman Suri, 170801049, FISIP, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian Ini Berjudul Kebijakan Pemerintah Kota Banda Aceh Dalam Pembangunan Kesehatan Gampong (Studi Kasus: Program Model Gampong Sehat Di Gampong Lamgugop Kota Banda Aceh). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan Pemerintah Kota Banda Aceh dalam penerapan inovasi program model gampong Sehat di Gampong Lamgugop dan untuk Mengetahui tantangan Pemerintah Kota Banda Aceh dalam penerapan model gamong sehat di Lamgugop. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan Program Model Gampong Sehat merupakan program yang bertujuan untuk mewujudkan suatu kondisi kabupaten atau kota yang bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dapat dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah. Ada beberapa strategi Kebijakan Pemerintah Kota Banda Aceh dalam Pembangunan Kesehatan Gampong dalam penerapan model gampong sehat seperti strategi persiapan dalam mengumpulkan data informasi tentang model gampong sehat sehingga dengan strategi tersebut bisa mengetahui model kebijakan yang terjadi permasalahan dilapangan guna menerapkan digampong serta kesiapan gampong tersebut dalam bentuk apapun perlu dilakukan apabila gampong tersebut terpilih sebagai gampong pembinaan dalam melaksanakan program model gampong sehat dan peran pemangku kepentingan dan masyarakat faktor terpenting dalam menyukseskanan kebijakan MGS ini. Sedangkan Kendala saat ini yang dialami oleh pemerintah Kota Banda Aceh dalam menwujudkan program MGS khususnya di Gampong Lamgugop, di sebabkan oleh banyaknya masyarakat/warga baru yang datang dari luar Kota Banda Aceh untuk menetap di Gampong tersebut yang secara tidak langsung dapat menyebabkan tidak temealisasinya indikator dari MGS. Sebagai contoh, banyak masyarakat yang datang dari luar Kota Banda Aceh yang masih belum mengetahui tentang aturan yang berlaku di Lamgugop Kota Banda Aceh, itu semua bisa dilihat banyaknya masyarakat luar Kota banda Aceh yang masih membakar sampah di pekarangan rumah, meludah sembarangan sangat mengendara, membuang sampah tidak pada tempatnya. Penghambat lainnya dalam Implementasi Kebijakan Model Gampong Sehat di Gampong Lamgugop seperti sarana dan prasarana pendudukung program tersebut yang masih belum dimanfaatkan dengan baik, rendahnya kesadaran masyarakat untuk berpatrisipasi pada program misalnya dalam menciptakan lingkungan yang bersih, kemudian dari segi pelaksana sendiri yaitu sosialisasi yang kurang menyeluruh ataupun menyentuh masyarakat karena sosialisasi yang dilaksanakan juga belum intensif dan hanya daerah daerah tertentu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Darman Suri Darman
Date Deposited: 08 Sep 2023 02:48
Last Modified: 08 Sep 2023 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32152

Actions (login required)

View Item
View Item