Identifikasi Tumbuhan Spermatophyta Sebagai Media Pembelajaran Materi Kingdom Plantae Di MAS Darul Ihsan Aceh Besar

Rahmi Hidayati, 150207015 (2023) Identifikasi Tumbuhan Spermatophyta Sebagai Media Pembelajaran Materi Kingdom Plantae Di MAS Darul Ihsan Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Identifikasi Tumbuhan Spermatophyta Sebagai Media Pembelajaran Materi Kingdom Plantae Di MAS Darul Ihsan Aceh Besar] Text (Identifikasi Tumbuhan Spermatophyta Sebagai Media Pembelajaran Materi Kingdom Plantae Di MAS Darul Ihsan Aceh Besar)
Rahmi Hidayati, 150207015, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Buku ajar merupakan salah satu media pembelajaran yang dibuat sesuai dengan teori pembelajaran dan dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Proses pembelajaran biologi pada materi Spermatophyta di MAS Darul Ihsan belum menggunakan media pembelajaran yang bervariasi. Tidak tersedianya buku ajar menyebabkan siswa kurang mengetahui atau mengenal berbagai macam jenis tumbuhan dikotil dan monokotil yang terdapat di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tumbuhan Spermatophyta sebagai media pembelajaran materi kingdo plantae di MAS Darul Ihsan Aceh Besar, dan mengkaji kelayakan media pembelajaran yang dihasilkan dari penelitian identitas tumbuhan Spermatophyta di lingkungan MAS Darul Ihsan sebagai pendukung pada sub bab kingdom plantae. Metode yang digunakan yaitu metode survei eksploratif, sedangkan pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode jelajah dengan cara menyisir semua lokasi penelitian yang di tentukan. Istrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar validasi. Data yang diperoleh dari penelitian identifikasi tumbuhan Spermatophyta dianalisis secara deskriptif sedangkan data kelayakan media pembelajaran berbentuk buku ajar dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 44 jenis tumbuhan Spermatophyta di lingkungan MAS Darul Ihsan. Kelayakan uji media buku ajar menunjukkan bahwa total persentase keseluruhan untuk media 65% dengan kategori layak, dan persentase keseluruhan untuk materi 65,11% dengan kategori layak untuk direkomendasikan sebagai salah satu media pembelajaran Spermatophyta.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Rahmi Hidayati Rahmi
Date Deposited: 08 Sep 2023 02:45
Last Modified: 08 Sep 2023 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32155

Actions (login required)

View Item
View Item