Pengembangan Media Buku Pop Up Sebagai Pengenalan Karir Siswa Di SMP Negeri 3 Ingin Jaya Aceh Besar

Mulija Rizkiya, 180213086 (2023) Pengembangan Media Buku Pop Up Sebagai Pengenalan Karir Siswa Di SMP Negeri 3 Ingin Jaya Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Media Buku Pop Up Sebagai Pengenalan Karir Siswa Di SMP Negeri 3 Ingin Jaya Aceh Besar] Text (Pengembangan Media Buku Pop Up Sebagai Pengenalan Karir Siswa Di SMP Negeri 3 Ingin Jaya Aceh Besar)
Mulija Rizkiya, 180213086, FTK, BK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada masalah yang ditemukan di SMP Negeri 3 Ingin Jaya yaitu kurangnya pengetahuan siswa mengenai arti karir dan sekolah yang ingin ditempuh pada jenjang berikutnya, serta keterbatasan media dalam proses belajar mengajar. dari permasalahan tersebut maka dikembangkan media buku pop up sebagai pengenalan karir siswa kelas IX SMP Negeri 3 Ingin Jaya. Media buku pop up merupakan sebuah buku yang didalamnya menampilkan gambar serta materi yang berpotensi untuk bergerak. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk media buku pop up terhadap pengenalan karir siswa kelas IX SMP Negeri 3 Ingin Jaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development). Produk buku pop up ini menggunakan 7 langkah dari 10 menurut pengembangan Borg dan Gall. Subjek uji coba penelitian ini berjumlah 15 orang siswa kelas IX. Instrumen dalam penelitian ini yaitu validasi ahli materi, ahli media dan kuesioner respon siswa. Hasil penelitian uji kelayakan media buku pop up berdasarkan penilaian ahli media diperoleh rata-rata skor 4.00 kategori “baik”, dari ahli materi diperoleh rata-rata 4,5 kategori “sangat baik”, sedangkan uji coba yang dilakukan dengan siswa mendapatkan skor rata-rata 4,36 yang termasuk dalam kategori “sangat baik”. Dengan demikian media yang dikembangkan layak digunakan dalam pengenalan karir siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Mulija Rizkiya
Date Deposited: 08 Sep 2023 03:11
Last Modified: 08 Sep 2023 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32161

Actions (login required)

View Item
View Item