Hubungan Gaya Hidup Dengan Keputusan Pembelian Iphone Pada Generasi Z Di Kota Banda Aceh

Siti Amira, 180901105 (2023) Hubungan Gaya Hidup Dengan Keputusan Pembelian Iphone Pada Generasi Z Di Kota Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Gaya Hidup, Keputusan Pembelian, Generasi Z] Text (Gaya Hidup, Keputusan Pembelian, Generasi Z)
Siti Amira, 180901105, FPSI, PSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Keputusan pembelian adalah proses pemecahan masalah yang meliputi identifikasi masalah, pencarian informasi, penelitian lebih lanjut, keputusan pembelian, dan peningkatan kepuasan pelanggan setelah pembelian. Salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian adalah gaya hidup. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara gaya hidup dengan keputusan pembelian iPhone pada generasi Z di Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah Generasi Z di Kota Banda Aceh yang jumlahnya tidak diketahui. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 346 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala gaya hidup dan keputusan pembelian. Berdasarkan hasil koefisien korelasi (r) sebesar 0,647 dan nilai signifikansi (p) sebesar 0,000 yang artinya hipotesis penelitian ini diterima dan menunjukkan adanya hubungan positif yang sangat signifikan antara gaya hidup dengan keputusan pembelian iPhone. Generasi Z yang memiliki gaya hidup tinggi memiliki keputusan pembelian yang tinggi karena cenderung membelanjakan uang untuk produk dan layanan yang berkualitas tinggi dan lebih tertarik pada barang-barang mewah yang dapat menunjukkan status sosial mereka, sebaliknya generasi Z dengan tingkat gaya hidup yang rendah cenderung lebih terbatas dalam pengeluaran mereka karena mencari produk dan layanan yang terjangkau dan menawarkan nilai terbaik untuk uang mereka. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa gaya hidup memiliki sumbangan efektif sebesar 41,8% terhadap keputusan pembelian dan 58,2% dipengaruhi oleh faktor budaya, faktor sosial dan faktor psikologis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Siti Amira Amira
Date Deposited: 08 Sep 2023 03:08
Last Modified: 08 Sep 2023 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32166

Actions (login required)

View Item
View Item