Analisis Kepuasaan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar

Rahmatun Ikramah, 190403053 (2023) Analisis Kepuasaan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Analisis Kepuasaan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar] Text (Analisis Kepuasaan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar)
Rahmatun Ikramah, 190403053, FDK, MD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Skiripsi ini berjudul “Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pusat Keesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) Kecamatan Kuta Baro Kabuaten Aceh Besar”. Masyarakat selalu menuntut pelayanan yang berkualitas setiap saat dari aparatur pemerintah yang memberikan pelayanan. Puskesmas merupakan organisasi fungsional yang menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat menyeluruh, terpadu, merata, dapat diterima dan menjangkau oleh masyarakat, dengan peran serta aktif masyarakat dan menggunakan hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna, dengan biaya yang dapat dipikul oleh pemerintah dan masyarakat. Pelayanan yang diberikan Puskesmas masih belum terealisasikan sepenuhnya kepada masyarakat yang berhak mendapatkan pelayanan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan masyarakat jika diukur dengan Standar Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Metode yang digunakan dalam penelitian ini kuantitatif dengan menggunakan teknik survei. Populasi pada penelitian ini Masyarakat Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar yang merupakan pasein dari Puskesmas Darussalam. Teknik Pengambilan Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling, sampel pada penelitian ini ditetapkan 106 orang masyarakat/pasein. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Pengelohan dan analisis data peneliti menggunakan metode statistic, data uji dengan uji validitas, uji reabilitas dan uji reabilitas dan uji Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 23. Hasil analisis menunjukkan berdasarkan indikator Kenyataan Masyarakat terhadap Pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Nilai konversi Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) 64.88, indikator yang memiliki nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) tertinggi Biaya/Tarif = 4.67 dengan nilai konversi 93.40 nilai bobot “Sangat Setuju”, sedangkan nilai terendah Kompotensi Pelaksana = 2.39 dengan nilai konversi 47.80 nilai bobot “Tidak Setuju. Berdasarkan indikator Harapan Masyarakat terhadap Pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Nilai konversi Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) 60.40, indikator yang memiliki Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) tertinggi Biaya/Tarif = 4.76 dengan nilai konversi sebesar 95.20 nilai bobot “Sangat Setuju”, sedangkan nilai terendah Kompotensi Pelaksanaan = 1.97 dengan nilai konversi 39.40 nilai bobot “Tidak Setuju”.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Rahmatun Ikramah
Date Deposited: 08 Sep 2023 03:10
Last Modified: 08 Sep 2023 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32167

Actions (login required)

View Item
View Item