Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Gerak Lurus di Kelas X SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar

Cut Fara Fadhillah Nurista, 251324453 (2018) Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Gerak Lurus di Kelas X SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Mind Mapping]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Mind Mapping)
Cut Fara Fadhillah Nurista.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of FORM B DAN FORM D.pdf]
Preview
Text
FORM B DAN FORM D.pdf

Download (823kB) | Preview

Abstract

Pendidikan sangat berperan penting pada kelangsungan hidup manusia serta kesejahteraan bangsa dalam mencapai cita-cita. Fisika dianggap pelajaran yang sulit dikuasai karena terdapat banyak rumus dan konsep yang sulit dipahami oleh peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik khususnya pelajaran fisika yang masih dalam kategori rendah. Untuk mengatasi masalah ini, maka diperlukan penggunaan model dan metode yang sesuai dengan materi pelajaran dan kondisi kelas, salah satunya yaitu penggunaan metode Mind Mapping. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode Mind Mapping terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi Gerak Lurus di kelas X SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar dan untuk mengetahui respon peserta didik dalam mempelajari materi Gerak Lurus dengan menggunakan metode Mind Mapping. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experiment yang melibatkan satu kelas eksperimen (X-IPS 1). Data dikumpulkan melalui soal tes dan kuesioner (angket). Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji t dan data dari kuesioner (angket) dianalisis menggunakan analisis deskriptif (persentase). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji statistik setelah diajarkan dengan metode Mind Mapping didapat t_hitung > t_tabel yaitu 7,92 > 2,09, serta respon peserta didik dengan metode Mind Mapping memenuhi kriteria penilaian sangat baik dengan persentase 43,3% yang menjawab senang dan 54,3% yang menjawab sangat senang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Ridhwan, M.Si 2. Nurhayati, S.Si,. M.Si
Uncontrolled Keywords: Metode Mind Mapping, Hasil Belajar, Gerak Lurus
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Cut Fara Fadhillah Nurista
Date Deposited: 29 Mar 2018 09:37
Last Modified: 29 Mar 2018 09:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3217

Actions (login required)

View Item
View Item