Manajemen Jasa Pengiriman Barang Di J&T Express Lamnyong Cabang Syiah Kuala Kota Banda Aceh

Joeliandra Hervija, 190403061 (2023) Manajemen Jasa Pengiriman Barang Di J&T Express Lamnyong Cabang Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Manajemen Jasa Pengiriman Barang Di J&T Express Lamnyong Cabang Syiah Kuala Kota Banda Aceh] Text (Manajemen Jasa Pengiriman Barang Di J&T Express Lamnyong Cabang Syiah Kuala Kota Banda Aceh)
Joeliandra Hervija, 190403061, FDK, MD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Manajemen Jasa Pengiriman Barang di J&T Express Lamnyong Cabang Syiah Kuala Kota Banda Aceh”. J&T Express Lamnyong menjadi salah satu jasa pengiriman barang yang masih terbilang muda dibandingkan dengan jasa pengiriman barang lainnya. Namun J&T Express lah yang saat ini banyak diminati oleh masyarakat. Permasalahannya adalah bagaimana pengelolaan manajemen, produk layanan yang ditawarkan serta bagaimana peluang yang diambil dan tantangan yang dikendalikan oleh pihak J&T Express Lamnyong untuk menarik perhatian masyararakat sehingga perusahaan tersebut berkembang hanya dalam waktu yang singkat. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah lebih mendasar bagaimana manajemen yang diterapkan oleh J&T Express Lamnyong, apa saja layanan yang ditawarkannya kepada pelanggan serta bagaimana pihak J&T Express Lamnyong mengendalikan peluang dan tantangan yang ada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara (8 informan), dan kajian pustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen yang ada di J&T Express Lamnyong sudah berjalan dengan cukup baik. Dengan memenuhi semua kriteria unsur manajemen yang dikenal dengan istilah 6 M yaitu man, money, materials, machine, methode, dan market. J&T Express Lamnyong yang menyediakan jasa pengiriman barang yang tentunya memerlukan sistem manajemen dalam proses pengelolaan pengiriman barang, sehingga dapat membantu proses tersebut agar lebih efektif dan efesien. Sesuai dengan fungsi manajemen yang digunakan oleh J&T Expresss Lamnyong yaitu planning, organizing, actuating dan controlling. Layanan yang ditawarkan adalah J&T EZ, J&T ECO, J&T Super dan J&T Jemari. Sedangkan Peluang dan tantangan yang ada di J&T Express Lamnyong adalah tingkat kebutuhan masyarakat akan pengiriman yang tinggi dan respon positif dari pelanggan. Adapun tantangan yang dialami oleh J&T Express Lamnyong adalah cuaca buruk dan adanya saingan baru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Joeliandra Hervija
Date Deposited: 08 Sep 2023 03:10
Last Modified: 08 Sep 2023 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32171

Actions (login required)

View Item
View Item