Pengembangan Media Pembelajaran Kit Praktikum Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA Negeri 2 Banda Aceh

Sari Mulyani, 180208087 (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Kit Praktikum Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA Negeri 2 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Kit Praktikum Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA Negeri 2 Banda Aceh] Text (Pengembangan Media Pembelajaran Kit Praktikum Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA Negeri 2 Banda Aceh)
Sari Mulyani, 180208087, FTK PKM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Banda Aceh dilatarbelakangi oleh kegiatan praktikum khususnya larutan penyangga, ketersediaan alat dan bahan praktikum yang tidak lengkap karena sebagian alat sudah tidak layak dipakai atau retak dan bahan tidak tersedia untuk kegiatan praktikum, untuk ini diperlukan media pembelajaran salah satunya KIT praktikum. Media KIT praktikum merupakan peralatan yang dikemas dalam bentuk kotak kesatuan pengajaran, yang berbentuk menyerupai rangkaian alat yang digunakan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kelayakan media dan untuk mengetahui respon guru dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran KIT praktikum pada materi larutan penyangga di SMA Negeri 2 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada Model R&D dengan model ADDIE. Sampel dalam penelitian yaitu peserta didik kelas XI MIA1 sebanyak 20 orang peserta didik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari lembar validasi yang dinilai oleh 3 orang validator serta angket respon yang disebarkan kepada guru kimia dan peserta didik di SMA Negeri 2 Banda Aceh. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan rumus persentase lalu mengubahnya menjadi kalimat deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yaitu diperoleh hasil validasi ahli materi 83,33% dan ahli media yaitu 90,67% terhadap media pembelajaran KIT Praktikum pada materi larutan penyangga di SMA Negeri 2 Banda Aceh dengan kategori sangat layak untuk digunakan sebagai bahan ajar. Hasil angket respon guru yaitu 92,96% dengan kategori sangat layak dan peserta didik dengan persentase 100% dengan kategori sangat layak terhadap media pembelajaran KIT Praktikum pada materi larutan penyangga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Sari Mulyani
Date Deposited: 08 Sep 2023 03:12
Last Modified: 08 Sep 2023 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32178

Actions (login required)

View Item
View Item