Efektivitas Layanan Penguasaan Konten Melalui Teknik Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA N 1 Bukit

Ismiyati, 180213071 (2023) Efektivitas Layanan Penguasaan Konten Melalui Teknik Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA N 1 Bukit. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Layanan Penguasaan Konten Melalui Teknik Mind Mapping] Text (Efektivitas Layanan Penguasaan Konten Melalui Teknik Mind Mapping)
Ismiyati, 180213071, FTK, BK, 082239655852.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Hasil belajar merupakan perubahan prilaku yang di proleh pelajar sesudah melakukan proses belajar untuk mengetahui tingkat keberhasilan peserta didik yang dilihat dan diukur dari tinggi rendahnya skor/nilai yang di dapat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan layanan penguasaan konten melalui teknik mind mapping terhadap hasil belajar siswa di SMA N 1 Bukit. Jenis pepenelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X yang berjumlah 87 siswa.adapun yang menjadi sampel yaitu kelas X2 dengan jumlah 20 siswa, pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dengan mengkategorikan siswa yang tingkat hasil belajar yang rendah sesuai dengan arahan guru bimbingan dan konseling di sekolah tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket, adapun teknik analisis data menggunakan uji-t paied sample test dan juga menggunakan uji N-gain, dan hasil yang di proleh dari penelitian ini adalah adanya perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan layanan penguasaan konten melalui teknik mins mapping di SMA N 1 Bukit,dapat diambil kesimpulan bahwa layanan penguasaan konten melalui teknik mind mapping efektif terhadap hasil belajar siswa di SMA N 1 Bukit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Ismiyati Ismiyati
Date Deposited: 08 Sep 2023 03:23
Last Modified: 08 Sep 2023 03:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32186

Actions (login required)

View Item
View Item