Analisis Faktor Penyebab Perceraian (Studi Perbandingan Mahkamah Syar'iyah Sigli Dan Mahkamah Syar'iyah Sabang Tahun 2019-2021)

Alan Handinata, 190103016 (2023) Analisis Faktor Penyebab Perceraian (Studi Perbandingan Mahkamah Syar'iyah Sigli Dan Mahkamah Syar'iyah Sabang Tahun 2019-2021). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Analisis Faktor Penyebab Perceraian (Studi Perbandingan Mahkamah Syar'iyah Sigli Dan Mahkamah Syar'iyah Sabang Tahun 2019-2021)] Text (Analisis Faktor Penyebab Perceraian (Studi Perbandingan Mahkamah Syar'iyah Sigli Dan Mahkamah Syar'iyah Sabang Tahun 2019-2021))
Alan Handinata, 190103016, FSH, PMH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Banyak sekali kasus perceraian yang terjadi di ruang lingkup Mahkamah Syar’iyah Sigli dan Mahkamah Syar’iyah Sabang, maka dari itu penulis ingin mengetahui faktor penyebab terjadinya perceraian di ruang lingkup Mahkamah Syar’iyah Sigli dan Mahkamah Syar’iyah Sabang serta mengetahui penyebab perceraian berdasarkan ilmu fiqh dengan merujuk pada kitab Majmu’ Syarh Al-Muhazzab dan kitab Al-Mughni. Rumusan masalah dari skripsi ini yaitu Apa sebab-sebab terjadinya perceraian menurut kitab Al-Majmu’ Syarh al-Muhazzab dan Al-Mughni, kemudian Apa sebab-sebab terjadinya perceraian diruang lingkup Mahkamah Syar’iyah Sigli dan Mahkamah Syar’iyah Sabang serta Apa penyebab terbanyak dalam kasus perceraian dan mengapa penyebab itu menjadi yang terbanyak diruang lingkup Mahkamah Syar’iyah Sigli dan Mahkamah Syar’iyah Sabang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif secara komperatif, kajian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian gabungan dari kajian kepustakaan dan penelitian lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebab-sebab perceraian dalam fiqh yang merujuk kepada kitab Al-Majmu’ Syarh al-Muhazzab yaitu zhihar, khulu’, nusyuz dan suami mengetahui kalau istrinya berzina dengan pria lain, sedangkan didalam kitab Al-mughni yaitu nusyuz, zhihar, li’an dan (khulu’. Sebab sebab perceraian di Mahkamah Syar’iyah Sigli dan Sabang yaitu zina, mabuk, judi, meninggalkan salah satu pihak, dihukum penjara, poligami, KDRT, cacat badan, perselisihan dan pertengkaran secara terus-menerus, kawin paksa dan ekonomi. Berdasarkan analisis yang dilakukan, faktor perselisihan dan pertengkaran secara terus-menerus yang menjadi faktor utama penyebab perceraian di ruang lingkup Mahkamah Syar’iyah Sigli dan Sabang. Hal ini dipicu karena beberapa hal seperti faktor ekonomi dan faktor selisih faham antara suami istri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Perbandingan Mazhab
Depositing User: Alan Handinata
Date Deposited: 08 Sep 2023 03:21
Last Modified: 08 Sep 2023 03:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32187

Actions (login required)

View Item
View Item