Pengembangan Media Pembelajaran Makharijul Huruf Hijaiyyah Berbasis Android

Dirmawan Hidayat, 160212070 (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Makharijul Huruf Hijaiyyah Berbasis Android. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Aplikasi Mobile Pembelajaran Al-Qur'an Yang Membahas Tentang Pengenalan Huruf Hijaiyyah dan Makharijul Huruf Hijaiyyah (Tempat-tempat Keluar Huruf Hijaiyyah))] Text (Aplikasi Mobile Pembelajaran Al-Qur'an Yang Membahas Tentang Pengenalan Huruf Hijaiyyah dan Makharijul Huruf Hijaiyyah (Tempat-tempat Keluar Huruf Hijaiyyah)))
Dirmawan Hidayat, 160212070, FTK, PTI, 082363102760.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, melahirkan berbagai media pembelajaran baik yang mendukung visual, audio, maupun audio visual. Dalam pembelajaran ilmu Makharijul huruf Hijaiyyah, penggunaan media audio sangat dibutuhkan. Karena ilmu Makharijul huruf merupakan ilmu tentang tata cara membaca Al-Qur’an secara tepat dengan mengeluarkan bunyi huruf sesuai dengan tempat keluar-nya (makhraj) dan sesuai dengan karakter bunyi huruf serta konsekuensi dari sifat yang dimiliki huruf tersebut. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan “Pengembangan Media Pembelajaran Makharijul Huruf Hijaiyyah Berbasis Android”. Dalam penelitian ini, peneliti membahas bagaimana tahapan pengembangan media pembelajaran Makharijul huruf Hijaiyyah berbasis Android dan bagaimana kelayakan media pembelajaran tersebut ?. Rancangan penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan tahapan penelitian diawali oleh tahap mencari potensi dan masalah untuk menemukan alasan pengangkatan topik ini menjadi sebuah penelitian, kemudian melakukan pengumpulan data yang terkait, lalu merancang produk media pembelajaran hingga selesai, selanjutnya dilakukan validasi terhadap produk oleh para ahli dan dilakukan revisi produk hingga menjadi sebuah produk yang sudah teruji kevalidannya. Terkait hasil validasi yang diperoleh dari para validator setelah dilakukan analisis data menunjukkan bahwa aplikasi ini mendapatkan nilai skor rata-rata sebesar 91,3 % dengan kategori “Sangat Layak” untuk digunakan sebagai media pembelajaran Makharijul huruf Hijaiyyah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Dirmawan Hidayat
Date Deposited: 08 Sep 2023 03:26
Last Modified: 08 Sep 2023 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32188

Actions (login required)

View Item
View Item