Persepsi Guru Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MIN 39 Aceh Besar

Rajulul Qiram, 160209076 (2023) Persepsi Guru Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MIN 39 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Persepsi Guru Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MIN 39 Aceh Besar] Text (Persepsi Guru Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MIN 39 Aceh Besar)
Rajulul Qiram, 160209076, FTK, PGMI, 082352329692.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Munculnya virus corona mengakibatkan pembelajaran tidak dapat dilakukan secara tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru terhadap proses pembelajaran daring MIN 39 Aceh Besar pada Masa Pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data primer yang menjadi subjek penelitian ialah guru, serta sumber data sekunder diperoleh dari internet ataupun buku-buku. Teknik dalam pengumpulan data ini dilakukan dengan wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring saat pandemi covid-19 kurang memuaskan, kurang efektif dam kurang efisien baik dari pihak guru itu sendiri. penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persepsi guru terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 kurang efektif untuk diterapkan untuk tingkat MIN. (2) Kendala pembelajaran daring adalah fasilitas pembelajaran daring tidak memadai, jaringan internet tidak stabil, dan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan. Hal tersebut disebabkan karena pihak sekolah maupun guru mengikuti anjuran pemerintah dengan menerapkan sistem pembelajaran atau pembelajaran daring. Di tengah situasi pandemi covid-19 saat ini, kita diwajibkan untuk mengikuti anjuran social distancing yang dapat membuat semua kegiatan pembelajaran yang berawal dilaksanakan secara tatap muka, maka harus dialihkan menjadi kegiatan pembelajaran daring. Dalam proses pembelajaran daring ini merupakan situasi yang baru di kalangan pihak sekolah dan guru terhadap pembelajaran daring, apakah siswa menyukai pembelajaran daring atau mereka lebih menyukai proses pembelajaran yang dilaksanakan secara tatap muka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rajulul Qiram Rajul
Date Deposited: 08 Sep 2023 03:22
Last Modified: 08 Sep 2023 03:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32192

Actions (login required)

View Item
View Item