Pengaruh Pengggunaan Media Big Book Matematik terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Bangun Datar Kelas IV MIN 11 Aceh Tengah

Ifna Fawati, 180209008 (2023) Pengaruh Pengggunaan Media Big Book Matematik terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Bangun Datar Kelas IV MIN 11 Aceh Tengah. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Pengggunaan Media Big Book] Text (Pengaruh Pengggunaan Media Big Book)
Ifna Fawati, 180209008, FTK, PGMI, 081376414488.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan di MIN 11 Aceh Tengah menunjukkan bahwa penggunaan media pada proses belajar mengajar masih jarang digunakan. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Big Book Matematik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Bangun Datar Kelas IV MIN 11 Aceh Tengah”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar peserta didik kelas IV MIN 11 Aceh Tengah antara proses pembelajaran menggunakan media big book matematik dengan proses pembelajaran yang tidak menggunakan big book matematik. Penelitian dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan desain Nonequivalent Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV di MIN 11 Aceh Tengah, sedangkan sampelnya adalah kelas 〖IV〗_a yang berjumlah 16 peserta didik dan kelas 〖IV〗_c yang berjumlah 14 peserta didik. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar test hasil belajar. Nilai rata-rata yang diperoleh pada Pre-Test kelas eksperimen adalah 50,642 dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 46,437. Sedangkan pada Post-Test nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen adalah 74,5 dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 62,81. Hasil analisis statistik diperoleh t_hitung= 2,1047 dan t_tabel = 1,70, karena t_hitung>t_tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ifna Fawati Ifna
Date Deposited: 08 Sep 2023 03:43
Last Modified: 08 Sep 2023 03:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32198

Actions (login required)

View Item
View Item