Efektivitas Youtube Ar-Raniry TV Sebagai Media Penyebaran Informasi Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Muhammad Adam Jumadir, 180401097 (2023) Efektivitas Youtube Ar-Raniry TV Sebagai Media Penyebaran Informasi Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Efektivitas Youtube Ar-Raniry TV Sebagai Media Penyebaran Informasi Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh] Text (Efektivitas Youtube Ar-Raniry TV Sebagai Media Penyebaran Informasi Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Muhammad Adam Jumadir,180401097, FDK, KPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Ar-Raniry TV menggunakan YouTube dalam menyebarkan informasi di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Penulis telah melihat video yang diunggah pertama kali pada YouTube Ar-Raniry TV pada bulan Juni 2022, total video yang telah dihasilkan dari awal bulan Juni 2022 hingga sekarang berjumlah 194 video. Ar-Raniry tv mempunyai program unggulan, yaitu Siaran Langsung (live Streaming), Sharing inspirasi, Perempuan Aceh, Suara Mahasiswa, Spirit Darussalam, Sekitar Kita, dan Liputan Ar-Raniry TV. Adapun judul dari penulisan ini "Efektivitas Youtube Ar-Raniry TV Sebagai Media Penyebaran Informasi Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh". Penulisan ini bertujuan Untuk mengetahui efektivitas YouTube Ar-Raniry TV sebagai media penyebaran informasi dalam menyebarkan informasi melalui youtube di kalangan mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan Untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi Ar-Raniry TV dalam menyebarkan informasi melalui YouTube. Jenis penulisan yang digunakan dalam penulisan ini merupakan penulisan kuantitatif dengan menggunakan metode studi deskriptif, yaitu penulisan yang bertujuan untuk menggambarkan, meringkas berbagai kondisi, situasi dan variabel yang timbul di masyarakat menjadi objek penulisan tersebut. Berdasarkan rumus Slovin dari jumlah populasi 878 orang yang terdata sebagai mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh Program S-1 angkatan 2020, 2021, dan 2023 yang masih aktif dalam perkuliahan diperoleh jumlah sampel sebanyak 90 orang sampel. Dalam pengumpulan data, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Angket atau disebut dengan kuesioner. Teknik ini merupakan serangkaian pertanyaan atau pernyataan yang disusun secara sistematis, dan kemudian dikirimkan kepada responden untuk diisi. Adapun dalam penulisan ini angket atau kuesioner yang digunakan adalah angket tertutup. Hasil penulisan ini menunjukkan bahwa terdapat tiga hasil dengan menggunakan 6 variabel dalam angket yaitu efektivitas, personalisasi, hambatan, isi (konten), kepuasan pengguna dan pengalaman pengguna, yang pertama hasil uji validitas. Kedua, hasil uji reliabilitas. Ketiga, hasil analisis statistik deskriptif untuk mengetahui efekvitas Youtube Ar-Raniry TV media penyebaran informasi dan hambatan yang dihadapi Ar-Raniry TV dalam menyebarkan informasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Adam Jumadir
Date Deposited: 08 Sep 2023 03:32
Last Modified: 08 Sep 2023 03:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32204

Actions (login required)

View Item
View Item