Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi belajar Peserta Didik Kelas V MIN 11 Aceh Tengah

Suryani Fadilah, 180209001 (2023) Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi belajar Peserta Didik Kelas V MIN 11 Aceh Tengah. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Problem Based Learning] Text (Penerapan Model Problem Based Learning)
Suryani Fadilah, 180209001, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik belum mencapai KKM. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya model dan media pembelajaran yang mendukung proses belajar mengajar sehingga membuat peserta didik sulit menguasai materi pelajaran yang disampaikan, tingkat hasil belajar peserta didik menjadi rendah, kurang menarik perhatian peserta didik pada saat proses pembelajaran dan emmbuat peserta didik menjadi pasif. Penelitian yang dilakukan di MIN 11 Aceh Tengah bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas peserta didik, hasil belajar peserta didik, dan motivasi belajar peserta didik dalam penerapan model PBL dengan media Pop Up Book pada pembelajaran tematik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V MIN 11 Aceh Tengah. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi, soal tes, dan angket. Hasil analisis observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 73,59% kategori baik dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 83,33% kategori baik sekali, hasil analisis observasi aktivitas peserta didik pada siklus I yaitu 62,5% kategori cukup dan pasa siklus II mengalami peningkatan menjadi 82,29% kategori baik sekali. Adapun hasil belajar peserta didik pada siklus I dengan nilai rata-rata 56,25 kategori cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 81,25 kategori baik sekali. Kemudian pada motivasi belajar di siklus I dengan nilai rata-rata 58,71 kategori cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 70,34 kategori tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model PBL dengan media Pop Up Book dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas V di MIN 11 Aceh Tengah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.8 Pelajaran Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Suryani Fadilah Suryani
Date Deposited: 08 Sep 2023 03:44
Last Modified: 08 Sep 2023 03:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32210

Actions (login required)

View Item
View Item