Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka (Suatu Analisis Kebijakan Dalam Pendidikan Agama Islam)

Radhiah, 191003028 (2023) Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka (Suatu Analisis Kebijakan Dalam Pendidikan Agama Islam). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Projek Penguatan Profil Pelajar   Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka   (Suatu Analisis Kebijakan Dalam    Pendidikan Agama Islam)] Text (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka (Suatu Analisis Kebijakan Dalam Pendidikan Agama Islam))
FULL THESIS (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Projek penguatan profil pelajar pancasila adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. Projek penguatan profil pelajar pancasila merupakan bagian dari kurikulum merdeka. Pada tahun 2022, projek penguatan profil pelajar pancasila yang terdapat dalam kurikulum merdeka sudah mulai dilaksanakan di berbagai satuan pendidikan pelaksana implementasi kurikulum merdeka. Projek penguatan profil pelajar pancasila berlaku untuk seluruh mata pelajaran yang terdapat di satuan jenjang pendidikan tak terkecuali mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis terkait alokasi waktu dan tema-tema projek penguatan profil pelajar pancasila serta melihat respon dari satuan pendidikan dan para pendidik terhadap kebijakan projek penguatan profil pelajar pancasila dalam kurikulum merdeka. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif noninteraktif. Sumber data dalam penelitian ini adalah surat keputusan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022, buku panduan pengembangan pojek penguatan profil pelajar pancasila dan dokumen-dokumen lain yang berkaitan dengan projek penguatan profil pelajar pancasila dalam kurikulum merdeka. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik dokumenter. Adapun teknik analisis melalui analisis isi dan statistik deskriptif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa alokasi waktu dan tema-tema projek penguatan profil pelajar pancasila dalam kurikulum merdeka sudah tepat. Namun, jumlah satuan pendidikan dan para pendidik yang melaksanakan projek penguatan profil pelajar pancasila dalam kurikulum merdeka masih sedikit. Hal ini dilihat dari jumlah satuan pendidikan yang memilih menjadi pelaksana implementasi kurikulum merdeka dan jumlah pengguna platform merdeka mengajar serta guru penggerak masih belum merata.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Radhiah Radhiah
Date Deposited: 08 Sep 2023 04:03
Last Modified: 08 Sep 2023 04:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32215

Actions (login required)

View Item
View Item