Peraturan Daerah Berbasis Syari'ah dalam Sistem Hukum Nasional Indonesia

Syahrizal Abbas, 2027107002 (2023) Peraturan Daerah Berbasis Syari'ah dalam Sistem Hukum Nasional Indonesia. In: Peraturan Daerah Berbasis Syari'ah dalam Sistem Hukum Nasional Indonesia. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peraturan Daerah Berbasis Syari'ah dalam Sistem Hukum Nasional Indonesia] Text (Peraturan Daerah Berbasis Syari'ah dalam Sistem Hukum Nasional Indonesia)
PTKSN_2019-Syahrizal Abbas.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Paska reformasi di Indonesia terjadi perubahan sistem pemerintahan dari sentralistik menjadi desentralistik yang diikuti dengan pemberian kewenangan otonomi daerah, darisini Pemerintah Daerah dapat mengatur urusan rumah tangganya sendiri sesuai dengan keinginan masyarakat. Salah satu penandanya adalah munculnya keinginan pembentukan peraturan daerah berbasis syari’ah di Sulawesi Selatan dan Jawa Barat. Keinginan Penegakan Syari’at Islam khususnya di Sulawesi Selatan dan Jawa Barat merupakan perjuangan politik gerakan kelompok ideologis yang tidak dapat dipisahkan dari aspek historis gerakan DII/TII.

Item Type: Book Section
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:15
Last Modified: 07 Nov 2023 09:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/32216

Actions (login required)

View Item
View Item